10 Nyawa Melayang Buntut Kecelakaan di Dua Jalur Tengkorak Cianjur

10 Nyawa Melayang Buntut Kecelakaan di Dua Jalur Tengkorak Cianjur

Ikbal Selamet - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 22:30 WIB
Kecelakaan Maut di Cianjur Tewaskan 6 Orang, Ini Fakta-faktanya
Kecelakaan Maut di Bangbayang, Gekbrong Cianjur (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar)
Cianjur -

Dua kecelakaan maut terjadi di jalur tengkorak Bangbayang dan Jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat dalam periode sepekan terakhir. Total korban jiwa mencapai 10 orang.

Kecelakaan maut di Jalur Bangbayang atau Jalan Raya Cianjur-Sukabumi terjadi pada Minggu (14/8) lalu.

kecelakaan tersebut berawal ketika sebuah truk bermuatan terigu melaju dari arah Sukabumi menuju Cianjur. Namun tiba-tiba mobil hilang kendali dan menabrak truk dan minibus di depannya.


"Setelah menabrak mobil di depannya. Truk itu juga menabrak sejumlah kendaraan lainnya dan beberapa pohon juga rumah di pinggir jalan. Benturannya terdengar cukup kencang," ujar Lili, saksi mata.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, mengatakan saat hilang kendali, laju truk tersebut beralih ke lajur berlawanan usai menabrak dua kendaraan di depannya.

Saat lanjut truk beralih ke lajur berlawanan, melintas lima unit sepeda motor hingga akhirnya kendaraan tersebut ikut tertabrak. Laju truk akhirnya berhenti usai menabrak sebuah rumah di kanan jalan.

Doni mengungkapkan kecelakaan tersebut mengakibatkan enam orang meninggal dunia dan tiga orang luka berat. Lima korban meninggal merupakan pengendara sepeda motor yang tertabrak truk.

"Enam orang meninggal, lima pengendara sepeda motor dan satu lagi sopir truk yang mengalami rem blong," kata dia.

Truk Seruduk Lima Kendaraan di Puncak

Empat hari berselang, kecelakaan maut kembali terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kali ini empat orang tewas dalam insiden kecelakaan di Jalan Raya Puncak, Ciloto, Cianjur, Kamis (18/8/2022).

Informasi yang dihimpun detikJabar, kecelakaan itu bermula ketika truk box bernomor polisi B 8580 TXS yang dikemudikan Solehun melintas di Jalan Raya Puncak dari arah Bogor menuju Cianjur, Kamis dini hari sekitar pukul 03.00 Wib.

Namun saat melintas di kawasan Kampung Bondol, Desa Ciloto, Cipanas, tepatnya di jalan menurun dan menikung ke kiri, truk tersebut oleng ke kanan jalan.

Truk box pun bertabrakan dengan lima kendaraan dari arah berlawanan dan akhirnya terguling.

"Truk tersebut hilang kendali dan oleng ke lajur kanan, kemudian bertabrakan dengan empat sepeda motor dan satu unit mobil dari arah Cianjur menuju Bogor," ujar Kapolres Cianjur, AKBP Doni Hermawan.

Menurut dia, kecelakaan tersebut mengakibatkan empat orang pengendara sepeda motor tewas dan dua orang luka berat.

"Tiga orang tewas di tempat dan satu orang meninggal saat perjalanan ke rumah sakit. Semuanya pengendara sepeda motor," kata dia.

Doni mengatakan kecelakaan tersebut diduga disebabkan sopir truk yang tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya.

Ia menambahkan pihaknya akan berkoordinasi dengan intansi terkait untuk menambah rambu peringatan agar pengendara berhati-hati.

"Rambu kita tambah, termasuk kita akan lakukan imbauan ke setiap pemilik truk angkut untuk rutin mengecek kendaraanya. Sebab kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa kebanyakan terjadi akibat truk muat yang mengalami rem blong atau human error dari sopirnya," ungkap dia.

(yum/yum)