Jabar Hari Ini: HUT Jabar Timbulkan Kerumunan hingga Luis Milla Pelatih Persib

Tim detikJabar - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 22:01 WIB
Kemeriahan HUT Jabar.
Kerumunan di HUT Jabar (Foto: Sudirman Wamad/detikJabar).
Bandung -

Serangkaian peristiwa terjadi di Jawa Barat hari ini. Mulai dari kerumunan di HUT ke-77 Jawa Barat hingga pria di Tasikmalaya meninggal saat karaoke di acara peringatan HUT ke-77 RI.

Berikut rangkuman beritanya di Jabar hari ini:

Wilujeung Sumping Luis Milla di Persib Bandung

Manajemen Persib Bandung resmi mendatangkan pelatih asal Spanyol, Luis Milla untuk mengantikan Robert Rene Alberts menukangi Febri Hariyadi cs di Liga 1 2022.


Informasi ini, langsung disampaikan instagram resmi @persib, Jumat (19/8/202 sore.

"Indonesia, your Senor is back, bienvenido @luismillacoach," tulis caption dalam video terbaru Instagram Persib.

Dalam video itu juga, terlihat animasi Luis Milla yang mengenakan seragam matador dan mengibaskan kain berwarna biru dengan logo Persib.

"WILUJENG SUMPING LUIS MILLA," tulis ucapan dalam video tersebut menyambut mantan pelatih Timnas Indonesia ini.

Dikutip dalam laman persib.co.id, perekrutan Luis Milla ini sebagai bentuk komitmen Manajemen PT PBB untuk membangun prestasi klub kesebelasan Maung Bandung ini.

'Sebagai bentuk komitmen untuk membangun tim yang berprestasi, baik di level nasional maupun Asia, pada Jumat, 19 Agustus 2022, PT PERSIB Bandung Bermartabat secara resmi mengumumkan penunjukan Luis Milla sebagai pelatih," tulis keterangan resminya.

Kerumunan di HUT ke-77 Jawa Barat

Ribuan warga berbondong-bondong memadati puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Jabar. Kerumunan pun tak dihindarkan di Jalan Diponegoro, tepatnya di depan Gedung Sate.

Pantauan detikJabar, warga berbondong-bondong ke Jalan Diponegoro sekitar pukul 12.30 WIB. Mereka hendak menyaksikan puncak acara, yakni festival kreativitas dan budaya, serta festival kuliner Jabar.

Warga berdesakan memburu kuliner gratis yang disediakan Pemprov Jabar. Ada 77.777 makanan khas Jabar yang disediakan secara gratis, dan ludes seketika. Sejumlah warga pun tak memakai masker.

Salah seorang pengunjung Azharman (50) warga Kecamatan Batununggal mengaku antusias dengan adanya acara festival. Sebab, dalam dua tahun terakhir tak ada agenda seperti ini. Azharman pun mengingatkan pentingnya protokol kesehatan (prokes).

"Saya pakai masker karena penting. Jangan abai di tengah kerumunan," kata Azharman.

Azharman datang bersama anaknya. Ia mengaku berdesakan berburu kuliner khas Jabar.

Di pemberitaan selanjutnya, akibat kepadatan itu pihak DPRD desak Satgas COVID-19 Jabar segera lakukan tes rapid antigen maupun PCR secara masif usai terjadinya kerumunan di puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Jabar, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya menilai panitia HUT ke-77 Jabar lalai dalam pengawasan protokol kesehatan (prokes) bagi pengunjung yang datang.

"Kita harus lakukan langkah antisipasi, ya pemeriksaan. Harus diperbanyak, sehingga ketika ada keteledoran jangan sampai beruntun," kata AbdulHadi kepadadetikJabar, Jumat (19/8/2022).