Kerumunan di Puncak HUT Jabar, DPRD Desak Satgas COVID-19 Lakukan Tes

Sudirman Wamad - detikJabar
Jumat, 19 Agu 2022 19:17 WIB
Lapangan Gasibu, Kota Bandung bak lautan manusia di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Jabar
Lautan manusia di HUT Jabar (Foto: Sudirman Wamad/detikJabar).
Bandung -

DPRD desak Satgas COVID-19 Jabar segera lakukan tes rapid antigen maupun PCR secara masif usai terjadinya kerumunan di puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Jabar, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Abdul Hadi Wijaya menilai panitia HUT ke-77 Jabar lalai dalam pengawasan protokol kesehatan (prokes) bagi pengunjung yang datang.

"Kita harus lakukan langkah antisipasi, ya pemeriksaan. Harus diperbanyak, sehingga ketika ada keteledoran jangan sampai beruntun," kata Abdul Hadi kepada detikJabar, Jumat (19/8/2022).


Wakil rakyat yang akrab disapa Gus Ahad itu berharap tak ada klaster COVID-19 baru karena adanya kerumunan di acara festival seni budaya dan kuliner. Gus Ahad mengatakan Satgas COVID-19 harus bergerak cepat.

"Kalau memang nanti terjadi, harus ada permintaan maaf," kata Gus Ahad.

Sebelumnya, ribuan warga berbondong-bondong mengikuti puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Jabar. Kerumunan pun tak dihindarkan di Jalan Diponegoro, tepatnya di depan Gedung Sate.

Pantauan detikJabar, warga berbondong-bondong ke Jalan Diponegoro sekitar pukul 12.30 WIB. Mereka hendak menyaksikan puncak acara, yakni festival kreativitas dan budaya, serta festival kuliner Jabar.

Warga berdesakan memburu kuliner gratis yang disediakan Pemprov Jabar. Ada 77.777 makanan khas Jabar yang disediakan secara gratis, dan ludes seketika. Sejumlah warga pun tak memakai masker.

(sud/mso)