Tim Ekspedisi Cegah Stunting Cirebon-Bandung Tiba di Gedung Sate

Sudirman Wamad - detikJabar
Kamis, 18 Agu 2022 23:04 WIB
Tim ekspedisi Cirebon-Bandung tiba di Gedung Sate.
Tim ekspedisi Cirebon-Bandung tiba di Gedung Sate (Foto: Sudirman Wamad/detikJabar).
Bandung -

Rombongan Ekspedisi Kebangsaan Cirebon-Bandung tiba di Gedung Sate, Kota Bandung. Rombongan dari Kota Cirebon itu berjalan kaki dengan menempuh jarak 131 kilometer dengan memakan waktu tempuh selama 26 jam.

Ekspedisi Kebangsaan itu bagian dari gerakan kampanye pencegahan dan penanganan stunting atau gagal tumbuh kembang anak. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengapresiasi rombongan ekspedisi.

"Bisa dijadikan tradisi agar lebih ramai, lebih meriah," kata Ridwan Kamil saat menerima rombongan Ekspedisi Kebangsaan di Gedung Sate, Kamis (18/8/2022) malam.


Ridwan Kamil mengatakan Ekspedisi Kebangsaan Cirebon-Bandung merupakan bentuk gotong royong dalam pencegahan stunting. Menurut Ridwan Kamil, Kota Cirebon salah satu daerah yang memiliki kasus stunting rendah di Jabar.

"Kota Cirebon itu masuk empat besar dalam menurunkan stunting ke level terendah. Tujuannya tentu Indonesia Emas tahun 2045. Generasi emas akan lahir, anak-anak muda yang kuat dan inovatif," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Sementara itu, Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan Ekpedisi Kebangsaan Cirebon-Bandung itu merupakan kampanye mewujudkan Jabar Zero New Stunting. Ia menilai hal ini bagian dari syarat untuk menyiapkan Indonesia Emas tahun 2045.

"Berjalan kaki menempuh jarak 131 kilometer, selesai dalam waktu 26 jam," kata Azis.

Sebelumnya, Azis juga mengatakan tim ekspedisi singgah di lima daerah yang dilalui. Mulai dari Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung.

"Kami juga memberikan 100 paket makanan bergizi untuk tiap daerah yang dilalui. Maksudnya ini sebagai perangsang saja, agar kita bersama-sama menangani stunting dengan cepat dan tepat," katanya.

Titik awal ekspedisi ini dari Stadion Madya Bima Kota Cirebon dan akan finis di Gedung Sate kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Bandung. Selain ASN Pemkot Cirebon, ekspedisi Cirebon-Bandung ini juga diikuti TNI-Polri serta unsur masyarakat. Secara keseluruhan, jumlah peserta yang mengikuti ekspedisi ini berjumlah 77 orang yang dibagi menjadi 11 regu. Masing-masing regu, nantinya akan melakukan perjalanan sepanjang 12 KM.

(sud/mso)