Animal Defenders Indonesia Desak TNI Hukum Tegas Penembak Kucing

Animal Defenders Indonesia Desak TNI Hukum Tegas Penembak Kucing

Sudirman Wamad - detikJabar
Kamis, 18 Agu 2022 13:44 WIB
Ilustrasi kucing lucu
Ilustrasi kucing lucu (Foto: Thinkstock)
Bandung -

Mabes TNI mengungkap sosok penembak sejumlah kucing di lingkungan Sesko TNI, Kota Bandung yang ternyata berpangkat brigjen. NGO Animal Defenders Indonesia mendukung upaya hukum dalam penanganan kasus tersebut.

Pendiri dan Ketua Animal Defenders Indonesia Doni Herdaru Tona mengatakan kasus penembakan kucing di Sesko TNI harus disikapi dengan serius. Pelaku bisa dijerat pasal pidana, yakni 302 KUHP, dan potensi pelanggaran Pasal 406 KUHP.

Doni menegaskan hukum harus ditegakkan tanpa memandang latar belakang. "Equality before the law. Semua sama di hadapan hukum. Jika dia militer, tentu akan diadili sesuai peradilan militer," kata Doni kepada detikJabar, Kamis (18/8/2022).


Lebih lanjut, Doni juga menyorot soal penggunaan peluru. Doni mendesak agar ada pemeriksaan peluru yang digunakan pelaku untuk menembak kucing.

"Manusia yang melakukan kekejaman pada hewan, berpotensi besar akan meningkatkan targetnya ke manusia. Pertama mungkin akan menyasar manusia yang lemah dan tidak bisa melawan seperti balita atau manula," kata Doni.

"Penelitian membuktikan hal tersebut, dan banyak pelaku pembunuhan berantai, pembunuhan massal, berlatar belakang seperti ini," kata Doni menambahkan.

Animal Defenders Indonesia mendesak pimpinan instansi terkait untuk mengambil tindakan tegas. "Kita berharap, siapapun pelakunya, mendapatkan hukuman yang setimpal dan transparan bisa dipantau publik," ucap Doni.

Sebelumnya, TNI mengungkap pelaku penembakan sejumlah kucing di area Sesko TNI, Jl R.A.A Martanegara, Bandung, Jawa Barat (Jabar) atas perintah Panglima Jenderal Andika Perkasa. Penembakan itu ternyata dilakukan seorang jenderal bintang satu atau Brigjen.

"Menindaklanjuti perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa kemarin siang (Rabu 17 Agustus 2022) untuk menyelidiki dugaan penganiayaan terhadap beberapa ekor kucing di lingkungan Sesko TNI, Bandung, tadi malam Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA (anggota organik Sesko TNI) telah menembak beberapa ekor kucing," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Prantara Santosa dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip dari detiknews Kamis (18/8/2022).

(sud/yum)