Pembela Kemerdekaan Minta Ada Nama Jalan Veteran di Cimahi

Whisnu Pradana - detikJabar
Rabu, 17 Agu 2022 20:00 WIB
Kondisi Arus Lalulintas di Jalan Gedung Empat Cimahi
Kondisi Arus Lalulintas di Jalan Gedung Empat Cimahi (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Cimahi -

Peran veteran yang memperjuangkan kemerdekaan bagi Indonesia kerap terlupakan. Berangkat dari hal itu veteran di Kota Cimahi menyampaikan permintaan khusus pada pemerintah daerah.

Bertepatan dengan momen HUT ke-77 RI, organisasi veteran seperti Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), DPC Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI/Polri (Pepabri), serta Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) 'menggeruduk' kantor Wali Kota Cimahi, Rabu (17/8/2022).

Ketua DPC LVRI Kota Cimahi Letkol Purn Uhen Suhendar meminta supaya ada jalan di Cimahi yang diberi nama Jalan Veteran sebagai penghargaan dan penghormatan terhadap jasa veteran pejuang kemerdekaan.


"Untuk menginspirasi dan mengingat jasa pejuang kemerdekaan Indonesia, memang kami mengajukan agar di Cimahi ini ada jalan yang namanya Jalan Veteran," ujar Uhen kepada wartawan di Cimahi, Rabu (17/8/2022).

Rujukan dari para veteran itu, kata Uhen, jalan yang cocok dinamai Jalan Veteran yakni Jalan Gedung Empat yang membentang sepanjang 800 meter dari depan Kodim 0609/Kota Cimahi hingga ke depan Cimahi Mall.

"Yang kami ajukan itu Jalan Gedung Empat, dari depan Kodim sampai depan Cimahi Mall atau Jalan Sisingamaraja itu yang dijadikan sebagai Jalan Veteran. Agar dipertimbangkan oleh Pak Wali Kota Cimahi," kata Uhen.

Pertimbangannya, kata Uhen, berkaitan dengan rencana Pemerintah Kota Cimahi yang hendak membangun patung pahlawan Jenderal Sudirman di Taman Segitiga Sriwijaya.

"Apalagi di situ rencananya kan pak wali mau membangun patung Jenderal Sudirman. Jadi cocok permintaan kami bahwa nama jalan itu diganti namanya menjadi Jalan Veteran," ucap Uhen.

Sementara itu Wali Kota Cimahi Ngatiyana menyebut telah menyerap aspirasi dari veteran yang juga seniornya untuk memberikan satu jalan di Cimahi dinamai menjadi Jalan Veteran.

"Apa yang disampaikan tentang jalan veteran akan kami tindaklanjuti. Kami akan bahas bersama dan dikaji supaya Jalan Gedung Empat itu diganti nama menjadi Jalan Veteran," kata Ngatiyana



Simak Video "2 Konten Kreator TikTok Sukses Cetak Rekor MURI"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)