28 ASN di Sukabumi Raih Anugerah Satya Lencana

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 11:04 WIB
Pemberian Anugerah Satya Lencana Karya Satya bagi ASN Sukabumi.
Pemberian Anugerah Satya Lencana Karya Satya bagi ASN Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikJabar)
Sukabumi -

Sebanyak 28 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sukabumi meraih Anugerah Satya Lencana Karya Satya. Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta, pengharagaan itu menjadi motivasi kerja dan contoh terpuji bagi masyarakat.

Marwan mengatakan, anugerah tanda kehormatan dari Presiden RI Joko Widodo itu dinilai dari sejumlah faktor mulai dari kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta bekerja terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

"Menjelang hari kemerdekaan besok, alhamdulillah ada 28 orang yang meraih Satya Lencana Karya Satya. Tentu patut bersyukur kepada Allah SWT. Penganugerahan itu merupakan sebuah kebanggaan sekaligus tantangan bagi ASN untuk meningkatkan kualitas kinerja. Selamat kepada yang telah menerima penganugerahan ini. Jadikan penganugerahan ini sebagai contoh terpuji untuk teman kerja dan masyarakat," beber Marwan kepada awak media, Selasa (16/8/2022).


Dari 28 orang yang meraih penganugerahaan tersebut, empat orang meraih Satya Lencana Karya Satya atas pengabdiannya selama 30 tahun, enam orang atas pengabdiannya selama 20 tahun, dan 18 orang atas pengabdiannya selama 10 tahun.

"Mereka yang mendapatkan anugerah ini harus menjadi tauladan bagi orang lain. mampu mentransformasikan ilmu serta pengalaman yang dimiliki kepada rekan-rekannya. Sehingga mereka bisa mencontoh dan mampu meraih prestasi dan kinerja terbaik seperti saudara semua," ucapnya.

Marwan juga berpesan agar penerima Satya Lencana Karya Satya terus mengakselerasikan reformasi birokrasi di semua tingkatan dan persiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif dan responsif terhadap perkembangan zaman.

"Bangun mentalitas baru yang positif, berintegritas, memiliki etos kerja, dan berjiwa gotong-royong. Jaga pula netralitas ASN. Fokuslah pada tugas dan fungsinya. Sehingga, kita semua bersatu padu untuk melayani publik," ungkapnya.

Salah seorang Peraih Satya Lencana Karya Satya Herdy Somantri mengaku bangga dan bersyukur atas penghargaan ini. Meskipun hal yang dilakukan itu diakuinya tidak sebanding dengan perjuangan para pejuang yang rela berkorban untuk Indonesia.

"Dibandingkan para pejuang, ini belum apa-apa. Namun, penganugerahan ini dijadikan pemicu dalam meningkatkan kinerja dan pengabdian sebagai abdi negara," kata Herdy yang menjabat sebagai Sekretaris Diskominfosan tersebut.

Herdy juga menyebut penghargaan itu akan menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat untuk berkarya bagi Kabupaten Sukabumi dan Indonesia. "Setiap kegiatan akan memberikan semangat terbaik untuk kemajuan Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.

(sya/orb)