Melihat Lokasi Pemakaman Penyanyi Mukti Mukti di Sumedang

Nur Azis - detikJabar
Selasa, 16 Agu 2022 10:45 WIB
Lokasi pemakaman Mukti Mukti di Sumedang.
Area pemakaman Mukti Mukti. (Foto: Nur Azis/detikJabar)
Sumedang -

Jauh dari keramaian diantara rindangnya pepohonan bambu, sebuah liang lahat tengah digali warga. Lokasinya tepat di belakang sebuah bangunan kayu berukuran sekitar 12x12 meter persegi.

Tempat itu dipenuhi ratusan bibit tanaman. Menurut informasi, bibit tanaman tersebut digagas almarhum sebagai salah satu kegiatannya bersama warga.

Di sanalah penyanyi Hidayat Mukti bin Kayat Suseta atau yang populer disapa Mukti Mukti akan dimakamkan atau tepatnya di Dusun Pasirlaja, Desa Cijeruk, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang.


Almarhum menamai lokasi tersebut sebagai Rumah Konser Mukti. Bukan hanya soal urusan bermusik, rumah itu menjadi tempat bagi warga untuk bermusyawarah atau menjadi rumah kebudayaan.

Salah satu sahabat dekat almarhum, Yufik (50) mengatakan, Rumah Konser Mukti adalah salah impian almarhum. Rumah tersebut dibangun dengan harapan dapat menggerakkan warga dalam berkreasi.

"Ada satu lagu dia yang liriknya aku ingin membangun sebuah rumah kau dan aku, Mukti selalu berdoa dengan lagu, dan ini adalah salah satu doanya bagaimana ingin memakmurkan tempat ini," ungkapnya kepada detikjabar di lokasi.

Lokasi pemakaman Mukti Mukti di Sumedang.Lokasi pemakaman Mukti Mukti di Sumedang. Foto: Nur Azis/detikJabar

Yufik mengungkapkan, lokasi ini dipilih atas kesepakatan keluarga mengingat mimpi almarhum semasa hidupnya.

"Terakhir-terakhir semasa hidupnya Mukti sering di sini, keluarga semua menyepakati disini," ujarnya.

Bagi Yufik sendiri, selain sahabat, sosok Mukti merupakan guru baginya. Ia mengenal almarhum semasa kuliah di Universitas Padjadjaran tahun 90an.

"Dia itu sahabat sekaligus guru bagi saya," ucapnya.

Sebelumnya, penyanyi Hidayat Mukti bin Kayat Suseta atau yang populer disapa Mukti Mukti meninggal dunia di usianya menginjak 55 tahun.

Pelantun lagu 'Menitip Mati' itu meninggal di Rumah Sakit Borromeus Bandung, Senin (15/8/2022) setelah menjalani perawatan selama satu tahun akibat beberapa penyakitnya.

Mukti Mukti merupakan penyanyi beraliran balada asal Bandung yang terkenal pada tahun 1990-an. Mukti kerap membuat sebuah lagu yang mengangkat isu-isu sosial di masyarakat.

Awal karier musik Mukti bermula sejak ia berkuliah di Fakultas Sastra Unpad pada tahun 1980-an. Kemudian karir musik Mukti bertahan selama kurang lebih 30 tahun.

Dalam kurun waktu tersebut Mukti menghasilkan karya yang akan terkenang di masyarakat. Lagu-lagu yang Mukti ciptakan kerap membawa pesan mengenai protes sosial, gerakan perlawanan, ataupun persoalan cinta berdasarkan pengalaman.

(orb/orb)