Kondisi Rumah Warga Bandung Rusak Disapu Angin Puting Beliung

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 15 Agu 2022 15:30 WIB
Rumah Warga KBB Rusak Diterjang Puting Beliung
Rumah Warga KBB Rusak Diterjang Puting Beliung (Foto: Whisnu Pradana/detikJabar)
Bandung Barat -

Angin puting beliung disertai hujan deras menerjang permukiman warga di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Peristiwa itu menyebabkan rumah warga mengalami kerusakan kategori ringan hingga berat.

Peristiwa angin puting beliung itu terjadi tepatnya di Kampung Cibeber Hilir, RT 01 dan 02, RW 16, Desa Giriasih, KBB pada Minggu (14/8/2022) sore.

Lilis (39), warga yang terdampak peristiwa itu menceritakan detik-detik saat angin puting beliung menerbangkan atap dan suhunan rumah miliknya serta tetangga di sebelahnya.


"Jadi memang tiba-tiba, awalnya hujan dulu lalu ada angin. Kebetulan anak saya di luar rumah, saya di dalam rumah sama anak yang satu lagi. Jadi atap rumahnya langsung terbawa terbang," ungkap Lilis kepada detikjabar, Senin (15/8/2022).

Atap rumahnya yang terbawa terbang kemudian menimpa atap rumah tetangga yang rumahnya bersebelahan. Kini bagian atap dapur dan kamar mandi rumahnya bolong. Sementara rumah tetangganya mengalami kerusakan karena tertimpa atap lain.

"Jadi total itu ada 4 rumah, termasuk rumah saya sama tetangga. Semua kerusakannya di bagian atap, sekarang kondisinya ya bolong atap-atapnya," tutur Lilis.

Warga lainnya, Mulia (40), juga mengalami hal yang sama. Saat angin menyapu rumahnya ia sedang ada di dalam. Sontak ia bersama anggota keluarganya yang lain menyelamatkan diri ke rumah tetangganya.

"Saya lagi di rumah, jadi rumah itu kerasa goyang. Tiba-tiba atapnya terbawa terbang, sekarang bolong kondisinya. Ini sudah kejadian ketiga kali, jadi memang agak sering," kata Mulia.

Saat ini ia bersama anak dan ibunya yang sudah sepuh mengungsi ke rumah kerabatnya sambil berharap ada bantuan dari pemerintah agar rumahnya bisa segera diperbaiki.

"Mengungsi dulu ke rumah saudara, kebetulan enggak terlalu jauh. Soalnya kalau di rumah enggak mungkin, enggak ada atapnya. Mudah-mudahan ada bantuan buat renovasi rumah," ucap Mulia.



Simak Video "Ngeri! Puting Beliung Terbangkan Atap-atap Kios di Cipamokolan Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)