Puluhan Rumah di Sukabumi Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Minggu, 14 Agu 2022 21:30 WIB
Ilustrasi angin kencang
Ilustrasi angin kencang. (Foto: Dok. detikcom)
Sukabumi -

Angin puting beliung merusak puluhan rumah di tiga desa di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. Hingga sekitar pukul 20.00 WIB, tercatat 38 rumah warga dan satu majelis taklim terdampak bencana tersebut.

Informasi dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB, Minggu (14/8/2022). Saat itu hujan deras disertai angin kencang melanda Desa Bojongasih, Sukatani dan Bojonglongok.

Sejumlah rumah kemudian mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.


Pohon tumbang akibat angin puting beliung di Sukabumi.Pohon tumbang akibat angin puting beliung di Sukabumi. Foto: Istimewa

"Di Kampung Gaduh, Desa Bojongasih ada 19 rumah dan satu majelis taklim, sementara di Kampung Pasirbuntung 19 rumah rusak sedang. Sementara di Desa Sukatani dan Bojonglongok hingga kini masih proses pendataan," kata Jujun Juaeni, petugas P2BK Kecamatan Parakansalak.

Jujun mengatakan saat kejadian hujan lebat dan angin kencang menderu di sekitar lokasi. Beberapa pohon berukuran sedang dan besar juga bertumbangan menimpa rumah dan menutup jalan desa.

"Sementara pertugas gabunhan masih melakukan evakuasi pohon yang menimpa rumah di tangani petugas P2BK Kecamatan Parakansalak bersama sejumlah unsur lainnya termasuk Polri, TNI dan masyarakat," ujar Jujun.

(sya/orb)