Kota Bandung

Viral! Pemotor Terobos Perlintasan KA Nyaris Tabrak Relawan Edan Sepur

Wisma Putra - detikJabar
Minggu, 14 Agu 2022 13:14 WIB
Pemotor di Bandung terobos palang pintu kereta api di Cikudapateuh, Kota Bandung
Foto: Perlintasan Cikudapetuh, Bandung (Wisma Putra/detikJabar).
Bandung -

Pengendara sepeda motor nekat terobos perlintasan kereta api (KA) Cikudapateuh yang berada di Jalan Ahmadyani, Kota Bandung. Rekaman video peristiwa tersebut viral di media sosial.

Seorang relawan perempuan dari Edan Sepur Indonesia yang memberikan imbauan agar tertib dalam berlalu lintas di perlintasan KA tersebut hampir tertabrak.

Dari video yang dilihat detikJabar yang diposting akun Instagram @edansepurid, Minggu (14/8/2022) pengendara sepeda motor yang mengenakan jaket hijau itu datang dari arah berlawanan atau dari Jalan Gudang Selatan menuju ke arah Kosambi.


Pengendara tersebut nekat melawan arus. Padahal sejumlah petugas dari Relawan Edan Sepur sudah memberikan imbauan dan membentangkan spanduk imbauan agar tertib dalam berlalu lintas. Pengendara tersebut hampir menabrak seorang relawan perempuan Edan Sepur Indonesia saat dilakukan penghalauan.

Tak hanya melawan arus lalu lintas dan menerobos perlintasan KA, pengendara tersebut juga tidak memakai helm, selain itu motor yang dikendarai tak menggunakan spion dan pelat nomor.

"Sudah di imbau tapi seperti ini hingga mau nabrak relawan dan petugas. Jangan ditiru ya wargi Bandung!," tulis caption postingan @edansepurid.

Postingan tersebut viral, disukai lebih dari 1.300 pengguna dan mendapatkan lebih dari 180 komentar dari warganet.

"Gak tertib banget trus plat nomernya gak ada sama gak pake helm juga," komentar @rafinauf******.

Beberapa warganet meminta agar pihak kepolisian segera menangkap pelanggar lalu lintas tersebut, agar mendapatkan efek jera.

"Tetap semangat kakak-kakak @edansepurid kalau bisa didampingi oleh pihak kepolisian juga biar bisa ditangkap tuh orang," tulis pemilik akun @novan_abi****.

Sementara itu, Manajer Humas Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan pihaknya bersama Komunitas Edan Sepur Indonesia gencar lakukan sosialisasi tertib berkendara. Meski demikian, Kuswardoyo menyebut masih ada yang melanggar.

"Tentunya kami sangat menyesalkan masih ada pengguna jalan yang menerobos jalur yang akan membahayakan dirinya sendiri dan pastinya akan mengganggu perjalanan KA," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima detikJabar, Minggu (14/8/2022).

Menurut Kuswardoyo, tak hanya dengan Komunitas Edan Sepur Indonesia, bersama dinas terkait Dishub dan Satlantas Polrestabes Bandung terus menyampaikan sosialisasi keselamatan dan berupaya memberikan pengertian dan himbauan kepada para pengguna jalan agar tidak menerobos perlintasan KA dan berjalan di jalur yang berlawanan arah.

"Namun kesadaran pengguna jalan sendirilah yang menjadi kunci keselamatan berlalulintas di perlintasan sebidang. Jangan sampai terjadi kecelakaan lalulintas yang menimpa mereka dulu baru mereka sadar," ujar Kuswardoyo.

(wip/mso)