Warga Sukabumi Menanti Hasil Pemeriksaan Bulu Hewan Diduga Harimau

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Jumat, 12 Agu 2022 21:12 WIB
Temuan bulu hewan diduga harimau di Citayam, Sukabumi
Temuan bulu hewan diduga harimau di Citayam, Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikJabar)
Sukabumi -

Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jabar memeriksa lokasi penampakan satwa diduga harimau yang ditunjukan warga di Kampung Salagombong, Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Satwa yang dikenal dengan sebutan si belang itu beberapa kali terlihat warga di kampung tersebut.

Kabar itu dibenarkan Kades Sukadamai Rudi Hartono, ia mengatakan pihak BKSDA datang bersama petugas dari Taman Safari. Terkait sejumlah sampel bulu yang diserahkan kepada pihak BKSDA beberapa waktu lalu Rudi mengatakan, sampai saat ini ia belum menerima kabar soal hasil pemeriksaan tersebut.

"Belum ada hasil pemeriksaan bulu, namun dua hari ke belakang dari BKSDA turun dengan petugas dari Taman Safari. Mereka datang untuk mencoba meninjau lokasi pemasangan camera trap sampai hari ini belum dipasang jadi mereka masih meninjau," kata Rudi kepada detikJabar, Jumat (12/8/2022) petang.


Menurut Rudi, sejauh ini pihak pemerintahan desa masih memonitor lokasi yang merupakan lahan garapan perkebunan warganya tersebut. Dia berharap BKSDA segera bisa memaparkan hasil pemeriksaan sampel bulu yang sudah diserahkan kepada BKSDA.

"Agar masyarakat kami juga tidak waswas, karena kita dari pemerintah desa pantau dan akan terus mempertanyakan terkait hasil penelitian karena sampai hari ini belum terinformasikan untuk hasil," ujar dia.

Rudi juga berharap agar pemasangan camera trap segera dilakukan agar bisa terindentifikasi jenis satwa yang sudah beberapa kali terlihat oleh warganya itu.

"Kita menunggu kapan camera trap dipasang oleh BKSDA. Terkait penampakan satwa itu sampai hari ini belum ada kabar penampakannya lagi," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, kisah Sugandi (51) menjadi awal dari beberapa kisah soal pertemuan warga dengan hewan diduga harimau di Kampung Salagombong, Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Selain itu, Sugandi juga bisa dengan lugas mendeskripsikan fisik dan warna satwa tersebut.

Temuan bulu hewan diduga harimau di Citayam, SukabumiTemuan bulu hewan diduga harimau di Citayam, Sukabumi Foto: Syahdan Alamsyah/detikJabar

Pada Rabu (20/7) yang lalu, kepada detikJabar pria yang berprofesi sebagai pemilik kebun itu menceritakan detik-detik pertemuannya dengan satwa tersebut. Namun sayangnya pertemuan Sugandi dengan harimau sekitar 3 bulan yang lalu itu dihiraukan warga sekitar yang menyebut satwa itu merupakan jelamaan karuhun.

Saat ini Sugandi adalah salah seorang penyaksi satwa yang setia menemani awak media yang ingin melihat ke lokasi kebun milikmya yang juga berdiri saung milik Baed warga yang juga melihat sosok satwa tersebut.

(sya/yum)