Dugaan Penyebab Mobil Terjun ke Jurang Tewaskan 8 Orang di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikJabar
Kamis, 11 Agu 2022 14:24 WIB
Warga dan petugas mengevakuasi korban dan mobil yang terjun ke jurang di Ciamis
Warga dan petugas mengevakuasi korban dan mobil yang terjun ke jurang di Ciamis Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar
Ciamis -

Polisi masih terus menyelidiki kecelakaan pikap terjun ke jurang di Sukamantri, Ciamis, Jawa Barat. Dari hasil olah TKP dan pemeriksaan barang bukti, polisi menduga penyebab kecelakaan itu karena kelebihan muatan.

Seperti diketahui, dalam insiden itu 8 orang dari rombongan undangan khitanan asal Majalengka tewas.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro menjelaskan dugaan salah satu faktor penyebab kecelakaan itu adalah kendaraan kelebihan muatan. Sehingga berpengaruh terhadap fungsi rem kendaraan.


"Dugaan ada beberapa faktor termasuk salah satu faktor kelebihan muatan. Rem blong atau tidak berfungsinya rem dengan baik merupakan akumulasi dari kontur jalan yang menurun. Lalu dikaitkan mobil yang kelebihan beban. Sehingga menyebabkan pengereman tidak berfungsi dengan optimal," ungkap Tony, Kamis (11/8/2022).

Kapolres mengatakan dari kesimpulan awal itu, pihaknya selanjutnya masih melakukan pendalaman dengan pemeriksaan saksi. Selain saksi di lokasi kejadian juga saksi korban. Namun untuk saat ini saksi korban belum bisa dimintai keterangan karena masih dirawat di RSUD Ciamis.

"Untuk pemeriksaan itu, kami berkoordinasi dengan pihak kesehatan. Jadi saat ini saksi korban masih dalam perawatan. Untuk itu kami menunggu saksi korban termasuk saksi sopir sampai bisa untuk diambil keterangan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah yang mengangkut rombongan undangan acara khitanan terjun ke jurang sedalam 30 meter di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (8/8/2022). Delapan orang tewas dalam kejadian tersebut.

Menurut informasi di lokasi kejadian, mobil pikap tersebut mengangkut rombongan asal Kabupaten Majalengka yang akan menghadiri acara khitanan di Panjalu, Kabupaten Ciamis. Posisi jalan merupakan turunan curam dan tikungan yang cukup tajam.

Ada dugaan mobil tersebut mengalami rem blong. Pengemudi tidak dapat mengendalikan kendaraannya hingga terjun ke jurang sedalam sekitar 30 meter.

(yum/yum)