Bus Rombongan Mahasiswa Tabrakan dengan Pemotor di Sumedang

Nur Azis - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 19:45 WIB
ilustrasi kecelakaan
Ilustrasi. (Foto: Dok.Detikcom)
Sumedang -

Bus rombongan mahasiswa tabrakan dengan sepeda motor di Jalan Raya Bandung-Cirebon, Mandala Herang, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Rabu (10/8/2022). Akibat peristiwa itu, seorang pemotor dilaporkan tewas.

Bus bernomor polisi D 7509 LA yang datang dari arah Bandung tersebut diketahui tengah membawa rombongan mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung.

Sementara sepeda motor matic bernomor polisi E 2150 UP diketahui tengah dikendarai Suparma (63) warga Majalengka, yang membonceng Odik (63) warga Garut yang datang dari arah Cirebon. Suparma tewas dalam kejadian itu. Sementara Odik selamat.


Saat ditemui di IGD RSUD Sumedang, penumpang selamat, Odik mengaku tidak mengetahui pasti kronologi kejadian lantaran berlangsung sangat cepat dan baru tersadar setelah berada di rumah sakit. Ia sendiri bersama rekannya yang tewas hendak menuju ke Garut dari Majalengka.

"Nggak tahu kejadiannya seperti apa, baru sadar pas sudah di rumah sakit, saya sama Suparma mau ke Garut," tuturnya kepada wartawan.

Sementara itu, saksi mata yang juga warga sekitar, Wawan Setiawan menuturkan, kecelakaan terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

Wawan melanjutkan, kecelakaan bermula saat bus pembawa rombongan yang melaju dari arah Bandung ke arah Cirebon, hendak menyalip kendaraan lain saat tiba di lokasi kejadian. Sementara dari arah berlawanan muncul sepeda motor yang dikendarai korban.

"Bus ketiga yang datang dari arah Bandung hendak nyalip bus rombongan lainnya ke sebelah kanan, dari arah Cirebon datang motor," kata Wawan.

Akibatnya, sambung dia, tabrakan pun tidak terelakan. "Saat kejadian posisi bus berada di tengah jalan sehingga tabrakan dengan sepeda motor pun terjadi," ujarnya.

Salah seorang penumpang bus, Dindin mengatakan pihaknya bersama rombongan bus lainnya sedang melakukan perjalanan untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke Majalengka.

"Bus ada 12, kami mau KKN ke Majalengka," kata Dindin kepada wartawan.

Kapolsek Cimalaka Kompol Nanang Supriyanto membenarkan terkait kecelakaan yang terjadi di Kawasan Mandala herang. Dalam kecelakaan tersebut, seorang pengendara motor meninggal dunia.

"Iya benar meninggal satu orang pengendara motor, TKP kecelakaannya di Mandala Herang," ucapnya saat dihubungi detikjabar, Rabu (10/8/2022).

Nanang mengatakan, kejadian tersebut langsung ditangani oleh Unit Gakkum Satlantas Polres Sumedang.

"Kronologis pastinya ada di bagian Laka Lantas Polres," ucapnya.

(orb/orb)