Serangkaian Bencana Alam Hantui Wilayah Selatan Tasikmalaya

Deden Rahadian - detikJabar
Rabu, 10 Agu 2022 14:00 WIB
BMKG: Prakiraan Cuaca Hari Ini 23 April 2022 Jabodetabek, Cek Dulu!
Ilustrasi hujan deras (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Tasikmalaya -

Bencana alam melanda wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya hingga Rabu (10/8/2022). Deretan bencana itu terjadi sejak hujan deras yang kerap mengguyur wilayah Priangan Timur sejak Selasa (9/8/2022).

Hingga hari ini, setidaknya ada tiga titik bencana yang terjadi yakni di Kecamatan Salopa, Cikatomas, dan Kecamatan Cibalong.

Pergeseran tanah terjadi di Desa Karya mandala, Kecamatan Salopa. Sedikitnya lima rumah warga terdampak. Retakan tanah mengancam dan merusak rumah hingga sebagian warga terpaksa mengungsi ke rumah kerabat.


Selain menutup akses jalan, 5 Rumah yang dihuni oleh 17 jiwa terancam. Selain itu, perkebunan warga juga terancam tergerus pergeseran tanah.

"Ini ada tiga titik yang masuk laporan sampai siang ini. ada pergerakan tanah longsor ada juga genangan air," ucap Wakil Ketua Tagana Kabupaten Tasikmalaya Ayatullah di kantornya, Rabu (10/8).

Sementara itu, longsor turut menutupi bahu jalan protokol penghubung Kecamatan Salopa dan Kecamatan Cikatomas. Masih dari Salopa, tebing longsor menimpa bangunan asrama putri Pondok Pesantren Nurul Huda Talegong Asli. Jalan penghubung Cikatomas juga terendam luapan air sungai.

"Kejadian bencana juga terjadi di wilayah Sindanghurip Desa singajaya Kecamatan Cibalong. Di lokasi ini, material rumah menimpa sebagian rumah warga. Proses evakuasi juga kita lakukan dengan menerjunkan personil ke lapangan. Korban jiwa alhamdulilah tidak ada," ujar Ayatullah.

Akibat bencana ini kerugian material ditaksir mencapai miliaran Rupiah. BPBD dan Tagana Kabupaten Tasikmalaya hingga saat ini masih melakukan pendataan.

Simak Video 'Angkot di Tasikmalaya Terseret Longsor hingga Nyaris Masuk Jurang':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/yum)