Kader PAN di Cirebon Deklarasi Dukung Ganjar Nyapres 2024

Sukma Nur Fitriana - detikJabar
Selasa, 09 Agu 2022 17:54 WIB
Kader PAN di Cirebon Deklarasi Dukung Ganjar Nyapres 2024
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Sejumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju menjadi Presiden 2024. Kader PAN yang mengatasnamakan diri sebagai Relawan Ganjar Biru Indonesia (RGBI) ini melakukan soft launching di Cirebon, Jawa Barat.

Kader PAN Kota Bandung Mandurta Manik ditunjuk menjadi Ketua relawan RGBI. Ia menyatakan pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin agar Ganjar dapat diusung menjadi Capres 2024 oleh PAN di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) akhir Agustus mendatang.

"RGBI memiliki kekuatan untuk terus menggemakan keseantero negeri bahwa Ganjar Pranowo tepat sebagai suksesi Joko Widodo," ujar Mandurta dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).


Mandurta juga menyebutkan RGBI telah mengawal rekomendasi dari Dewan Pimpinan Wilayah Partai PAN supaya Ganjar masuk dalam rekomendasi Capres 2024. Hal itu dibuktikan dengan adanya nama Ganjar sebagai Capres 2024 dalam ketetapan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di masing-masing Kabupaten/Kota. Ketetapan tersebut telah disahkan dalam Rapat Kerja Wilayah di setiap provinsi.

"Selanjutnya RGBI mengawal agar dalam Rakernas partai PAN nanti Ganjar Pranowo masuk juga dalam rekomendasi calon Presiden," ujar Mandurta dalam keterangan tertulis, Selasa (9/8/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan gerakan RGBI ini mendapat restu dari Sekjen PAN Edy Soeparno. Edy pun disebut tidak menghalangi apa yang dilakukan oleh RGBI. Menurutnya, sikap Edy sejalan dengan sikap demokrasi yang disebutkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Sementara itu, RGBI menilai Gubernur Jawa Tengah dua periode itu merupakan figure yang dapat melaksanakan nilai-nilai Islam Tengah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sejalan dengan gagasan Zulkifli Hasan.

Menurut Mandurta, di Jawa Barat kader dan simpatisan Partai PAN giat mendukung Ganjar menjadi Capres 2024, pihaknya bergerak membangun relawan yang terkstruktur sampai akar rumput. Dalam gerakanya, RGBI juga disebutkan selalu bergandengan tangan dan saling menguatkan dengan Relawan Ganjar Pranowo yang bernama RGP.

(akd/ega)