Detik-detik Mencekam Truk Timpa Mobil Tewaskan 2 Orang di Tasik

Faizal Amiruddin - detikJabar
Senin, 08 Agu 2022 15:59 WIB
Kecelakaan di Tasikmalaya.
Foto: Kecelakaan di Tasikmalaya (Faizal Amiruddin/detikJabar).
Tasikmalaya -

Dua orang tewas akibat kecelakaan truk terguling dan menimpa sebuah mobil di tanjakan Strawberry kawasan Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (8/8/2022).

Detik-detik kecelakaan mengerikan itu diungkapkan oleh Budi Hermawan (40), seorang relawan yang biasa memandu kendaraan di tanjakan curam tersebut.

"Saya sedang di tengah jalan, biasa mengatur kendaraan yang dari bawah, dengan menyetop kendaraan dari atas," kata Budi.


Selanjutnya datang truk berwarna oranye itu dari arah Bandung. "Dari atas truk terlihat pelan. Tapi dia mulai terlihat ambil kanan," kata Budi.

Dia yang sedang berada di tengah jalan mulai ambil ancang-ancang mewaspadai truk tersebut. "Saya kasih kode untuk menepi dan menghentikan kendaraannya, si sopir malah teriak awas-awas. Saya langsung menyelamatkan diri, lari ke pinggir," kata Budi.

Budi menduga saat itu sopir truk mulai kehilangan kendali. "Mungkin sudah kerasa remnya blong, sopir terus teriak-teriak," ucap Budi.

Kemudian Budi melihat truk semakin deras meluncur di turunan curam. "Terlihat dari atas semakin bawah semakin kencang. Menabrak bagian belakang elf, lalu rebah ke kanan dan menimpa Avanza," kata Budi.

Dede relawan Gentong lainnya menambahkan, saat kejadian kendaraan yang datang dari arah bawah atau dari Tasikmalaya sedang antre untuk melibas tanjakan.

"Jadi ada truk pasir yang sedang nanjak. Biasa kan kalau ada mobil berat yang nanjak, yang dibelakangnya antre dulu," kata Dede.

Avanza hitam bernopol Z 1759 UA pun saat itu sedang dalam posisi antre menjelang tanjakan. "Di depan Avanza ada mobil elf, nah si truk itu dari atas nabrak bagian samping belakang elf, terus terguling dan menimpa Avanza," kata Dede.

Dia menambahkan 2 korban tewas, merupakan penumpang yang duduk di bagian belakang sebelah kanan. "Kedua korban terjepit, sulit dievakuasi. Hampir satu jam baru bisa keluar," kata Dede. Avanza itu ditumpangi oleh 7 orang termasuk sopir.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Tasikmalaya Kota AKP Anaga Budiharso membenarkan adanya kejadian tersebut. "Ada dua orang yang meninggal dunia dan beberapa lainnya luka-luka," kata Anaga.

Dia mengatakan ada 3 kendaraan yang terlibat dalam insiden tersebut. "Melibatkan truk, mikrobus dan Avanza. Truk dari arah Bandung, menabrak bagian belakang mikrobus. Lalu terguling menimpa Avanza," kata Anaga.

Mengenai penyebab kecelakaan Anaga mengaku masih melalukan penyelidikan. "Kalau penyebab kami masih melakukan penyelidikan. Penyelidikan awal ini antara sopir mengantuk atau rem blong," kata Anaga.

(mso/mso)