Pemkot Bandung Tunggu Kepastian Pengoperasian Flyover Kopo

Rifat Alhamidi - detikJabar
Minggu, 07 Agu 2022 20:30 WIB
Kendaraan melintas di Flyover Kopo, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Minggu (22/5/2022).
Foto: Flyover Kopo Bandung (Wisma Putra/detikJabar).
Bandung -

Pemkot Bandung masih menunggu kepastian kapan Flyover Kopo akan dioperasionalkan secara resmi. Saat ini, pemkot masih menunggu arahan pusat supaya jalan layang baru itu bisa digunakan pengendara.

"Untuk Flyover Kopo, Pemkot menunggu kepastian kapan itu bisa dibuka. Karena itu mah ranahnya di pusat yah, kita hanya sebagai penerima manfaat," kata Sekda Kota Bandung Ema Sumarna saat dihubungi, Minggu (7/8/2022).

Ema menjelaskan berdasarkan informasi, Flyover Kopo akan diresmikan pada September 2022. Untuk saat ini, jalan layang dekat Terminal Leuwipanjang itu baru dibuka untuk satu jalur.


"Belum ada informasi lagi, sementara kita berpegang pada informasi awal (akan dibuka) yaitu September. Tapi kalau saya lihat, secara fisik, sekarang pun sudah bisa berfungsi yah walaupun yang dipergunakannya masib sebelah," tuturnya.

Saat ini, kata Ema, Pemkot Bandung tengah menyiapkan pengaman ruang di Flyover Kopo dari penggunaan tak semestinya. Mulai dari potensi dijadikan sebagai terminal bayangan, parkir liar hingga tempat untuk PKL.

"Pemkot pengamanan ruang yang di bawah flyover. Kemarin saya cek memang udah ada peninggian, jadi ruang di sana nanti akan sulit untuk dimanfaatkan orang yang di luar fungsinya yah," ucapnya.

Selain itu, pemkot berencana mengusulkan penambahan sedikit lahan di area bawah Flyover Kopo. Lahan tersebut, kata Ema, untuk memudahkan pengendara saat memutar balik di area bawah jalan layang.

"Kita nanti mau usul ada tambahan ruang pembebasan lahan sedikit supaya putaran kendaraannya lebih luas. Tapi secara fisik, flyover mah udah siap kalau mau digunakan," ujarnya.

(ral/mso)