Fakta Doni Salmanan yang Ngaku Sakit di Lapas Jelekong

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Sabtu, 06 Agu 2022 13:02 WIB
Sidang perdana terdakwa kasus Quotex Doni Salmanan secara online di PN Bale Bandung
Sidang perdana terdakwa kasus Quotex Doni Salmanan secara online di PN Bale Bandung. (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Terdakwa kasus Quotex Doni Salmanan ngaku sakit di penjara. Namun, Kalapas Jelekong Faozul Ansori menyebut kondisi Doni Salmanan sehat.

Doni Salmanan sendiri saat ini menjalani penahanan di Lapas Jelekong. Saat sidang perdana beberapa hari lalu, 'Crazy Rich Soreang' itu tak hadir dengan alasan sakit.

"Nggak ada sakit. Sehat-sehat saja. Tidak ada laporan dari dokter juga kalau dia sakit," ucap Faozul kepada detikJabar, Sabtu (6/8/2022).


Faozul menuturkan kondisi Doni Salmanan selama di Lapas Jelekong normal sebagaimana warga binaan lainnya. Ragam kegiatan yang diadakan oleh lapas, dilakoni oleh suami dari Dinan Fajrina itu.

"Dia mengikuti kegiatan juga, sama seperti yang lain, tidak sakit," katanya.

Meski begitu, Doni saat ini memang belum ditempatkan di sel karena harus menjalani administrasi orientasi (AO) lantaran tahanan baru di lapas tersebut.

"Kondisinya sehat kok, sama seperti yang lain, baru datang isolasi COVID-19 dua minggu, ikut kegiatan. Masih mengikuti Administrasi Orientasi (AO)," katanya.

Sekedar diketahui, Doni Salmanan tak bisa datang langsung saat sidang perdana kasus Quotex yang menjeratnya. Doni mengaku sedang sakit hingga mengikuti sidang secara virtual.

Doni sendiri menjalani sidang perdananya pada Kamis (4/8/2022) di Lapas Jelekong. Sementara perangkat persidangan lain berada di Pengadilan Negeri (PN) Bale Bandung.

Melalui layar, Doni Salmanan berbicara mengenai kondisi saat ini. Doni mengaku sempat sakit beberapa hari sebelum sidang perdana.

"Kondisi saya saat ini, minggu lalu saya sakit cukup parah, asam lambung saya naik dan kambuh," ujar Doni selepas pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dengan kondisi tersebut, Doni Salmanan tidak bisa menghadiri sidang yang dilakukan di PN Bale Bandung. Dia berharap kondisi Doni Salmanan pulih hingga bisa hadir ke persidangan.

"Mudah-mudahan minggu yang akan datang bisa sembuh," katanya.

(dir/iqk)