Jorok! Celana Dalam-Sampah Masih Berserakan di Gunung Gede Pangrango

Ikbal Selamet - detikJabar
Sabtu, 06 Agu 2022 11:31 WIB
Relawan temukan celana dalam dan ratusan kilogram sampah dari Gunung Gede Pangrango
Relawan temukan celana dalam dan ratusan kilogram sampah dari Gunung Gede Pangrango (Foto: Istimewa)
Cianjur -

Relawan dan petugas gabungan kembali mendapati celana dalam yang dibuang sembarangan oleh pendaki di Gunung Gede Pangrango. Bahkan dalam operasi bersih (opsih) itu, setengah ton sampah juga berhasil diangkut.

Volunteer Gunung Gede Pangrango Niko Rastagil, mengatakan agenda operasi bersih-bersih yang melibatkan masyarakat, relawan, GPO, volunteer dan organisasi lainnya itu dilakukan secara mendadak Jepang penutupan sementara.

Pembersihan dilakukan dengan menyisir jalur pendakian hingga kawasan Alun-alun Suryakencana.


"Kita sisir setiap jalur yang biasanya banyak sampah karena ulah para pendaki yang tidak bertanggungjawab. Termasuk di puncak dan kawasan Suryakencana," kata dia, Sabtu (6/8/2022).

Dia mengungkapkan jika dalam Opsih tersebut kembali ditemukan celana dalam yang dibuang pendaki.

"Iya kami temukan lagi celana dalam dari kawasan Alun-alun Suryakencana. Ada juga yang ditemukan di jalur pendakian. Totalnya sekitar 10 celana dalam yang kita temukan," kata dia.

Menurutnya celana dalam tersebut dibuang pendaki yang mengalami sakit perut. "Seperti sebelumnya, dibuang karena pendaki sakit perut. Padahal seharusnya tidak boleh dibuang, mestinya dibawa lagi turun gunung," ucapnya.

Selain celana dalam, lanjut Niko, para relawan juga berhasil mengangkut 140 karung atau 400 kilogram sampah yang didominasi plastik.

"Iya kita juga bersihkan dan angkut hampir setengah ton sampah, kebanyakan plastik. Sampah itu dibuang pendaki yang tidak bertanggungjawab. Padahal aturan sudah jelas, sampah yang dibawa ke atas harus dibawa lagi ke bawah," tegasnya.

Dia berharap para pendaki sadar untuk mengikuti aturan agar keasrian Gunung Gede Pangrango tetap terjaga. "Kami terus imbau agar pendaki tidak buang sampah, apalagi membuang celana dalam," pungkasnya.



Simak Video "Inilah Hamparan Kesejukan yang Tak Jauh dari Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)