Puskesmas Cikalong Cianjur Kebakaran, Stok Obat Ludes!

Ikbal Selamet - detikJabar
Sabtu, 06 Agu 2022 10:25 WIB
Pemadaman Puskesmas Cikalong di Cianjur yang terbakar.
Petugas melakukan pemadaman puskesmas di Cianjur yang terbakar. (Foto: Istimewa)
Cianjur -

Kebakaran terjadi Puskesmas Cikalongkulon, Cianjur, Sabtu (6/8/2022) pagi. Akibatnya gudang obat di puskesmas tersebut ludes dilalap api.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Irvan Nur Fauzi, mengatakan kebakaran terjadi pukul 06.00 WIB. Kejadian itu pertama kali diketahui warga dan petugas usai api berkobar di atap salah satu ruangan puskesmas.

"Kejadiannya tapi pagi, ketahuannya setelah api besar. Kemudian petugas dan warga segera melapor ke Damkar," ujar dia, Sabtu (6/8/2022).


Menurutnya kobaran api berhasil dipadamkan sejam setelah kejadian. "Dari Damkar langsung datang beberapa menit setelah diinformasikan, kebetulan kan lokasi Unit Damkar dengan puskesmas dekat. Jadi api tidak merembet ke ruangan lain dan rumah warga," kata dia.

Irvan menyebut akibat kebakaran tersebut membuat stok obat puskesmas ludes terbakar. Sebab ruangan yang mengalami kebakaran merupakan gudang obat.

"Yang terbakar itu gudang obat, jadinya stok obat hangus. Adapun uang tersisa sudah rusak karena proses pemadaman," ungkapnya.

Irvan mengaku dirinya sudah meminta pihak puskesmas segera mendata jumlah obat yang terbakar dan sudah tidak bisa digunakan. "Kalau sudah didata, kita akan kirim stok obat dari Dinkes atau dari puskesmas lain yang stoknya berlebih," kata dia.

Dia menegaskan jika pelayanan tetap berjalan, terlebih untuk gawat darurat dan rawat jalan. "Pelayanan tetap berjalan, tidak ditutup," kata dia.

(ors/ors)