Profil dan Keahlian Bharada Eliezer Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Kabar Nasional

Profil dan Keahlian Bharada Eliezer Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Tim detikNews - detikJabar
Kamis, 04 Agu 2022 16:06 WIB
Tersangka kasus Brigadir J, Bharada E ditahan di Bareskrim. Bharada Eliezer resmi jadi tersangka penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J).
Bharada Eliezer Pudihang Lumia alias Bharada E (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Bharada E ditetapkan sebagai tersangka kasus polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Penetapan tersangka oleh Bareskrim Polri itu setelah bukti-bukti untuk penetapan tersangka Bharada E telah cukup. Ia dijerat sebagai tersangkat kasus pembunuhan Brigadir J dengan persangkaan Pasal 338 juncto Pasal 55 dan 56 KUHP.

"Dengan persangkaan Pasal 338 juncto Pasal 55 dan/atau 56 KUHP," ujar Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian dalam konferensi pers di Mabes Polri seperti dikutip dari detikNews, Rabu (3/8) malam.


Siapa Sosok Bharada E ?

Bharada E atau Bharada Eliezer Pudihang Lumiu. Berdasarkan keterangan Kapolres Jaksel Kombes Budhi Herdi Susianto, Bharada E adalah penembak nomor 1 di Resimen Pelopor Korps Brimob.

"Di Resimen Pelopornya, dia sebagai tim penembak nomor 1 kelas 1 di Resimen Pelopor ini yang kami dapatkan," katanya, dikutip dari detikNews, Kamis (4/8/2022).

Selain jago menembak. Diketahui, Bharada E juga merupakan pelatih di Resimen Pelopor tersebut.

"Jadi kebetulan, sebagai gambaran informasi, kami juga melakukan interogasi terhadap komandan Bharada RE, bahwa Bharada RE ini sebagai pelatih vertical rescue," ujar Budhi.

Polisi Masih Lakukan Pengembangan Kasus

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan pihaknya masih terus melakukan pengembangan kasus tersebut. Nantinya, Bharada E masih akan diperiksa sebagai tersangka atas kasus tersebut dan akan ditahan.

"Pemeriksaan belum selesai, masih dalam pengembangan terus," kata Andi.

Pasal 338 Juncto Pasal 55 dan 56 KUHP yang Jerat Bharada E.

Berikut adalah penjelasan tentang pasal yang menjerat Bharada E alias Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu. Isi Pasal 338 KUHP adalah sebagai berikut:

Barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.

Selanjutnya ada Pasal 55 KUHP yang berbunyi sebagai berikut:

Pasal 55 Ayat 1: Dipidana sebagai pelaku tindak pidana:

Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan;
mereka yang dengan memberi atau menjanjikan sesuatu dengan menyalahgunakan kekuasaan atau martabat, dengan kekerasan, ancaman atau penyesatan, atau dengan memberi kesempatan, sarana atau keterangan, sengaja menganjurkan orang lain supaya melakukan perbuatan.
Pasal 55 Ayat 2: Terhadap penganjur, hanya perbuatan yang sengaja dianjurkan sajalah yang diperhitungkan, beserta akibat-akibatnya.

Dan, berikut bunyi Pasal 56 KUHP yaitu:

Dipidana sebagai pembantu kejahatan:

1. mereka yang sengaja memberi bantuan pada waktu kejahatan dilakukan;
2. mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan.

(yum/yum)