Marak Rokok Ilegal Beredar di Bandung Barat

Whisnu Pradana - detikJabar
Kamis, 04 Agu 2022 00:30 WIB
Ilustrasi rokok
Foto: Dok. REUTERS/Christian Hartmann/Illustration
Bandung Barat -

Peredaran rokok ilegal atau rokok tanpa cuka di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum mampu dibendung meskipun berkali-kali dilakukan penyitaan.

Berdasarkan catatan Satpol PP Bandung Barat, dari beberapa kali penyitaan sejak Januari sampai Juli 2022, total sebanyak 116 ribu lebih batang rokok ilegal berhasil diamankan dari sejumlah warung dan distributor.

"Di tahun 2022 ini kita sudah tiga kali penyitaan bersama bea cukai. Paling banyak itu kemarin tanggal 27 dan 28 Juli, total 100 ribu batang. Bulan sebelumnya 16.400, jadi total 116.400 batang yang disita," ujar Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat pada Satpol PP KBB, Poniman kepada wartawan,Rabu (3/8/2022).


Harga rokok ilegal yang terjangkau membuat banyak masyarakat yang menjadi perokok aktif tergoda. Setiap bungkus rokok ilegal rata-rata dipatok seharga Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu.

"Ya karena memang harganya jauh lebih murah dari rokok legal, perbedaannya 2 sampai 3 kali lipat. Murah-murah, sebungkus itu hanya Rp 10 ribu, jadi kalau dijual di toko bisa laku karena banyak diburu konsumen," tutur Poniman.

Bisanya rokok ilegal diedarkan ke setiap toko melalui melalui jasa pengiriman barang dan jasa ekspedisi. Modus itu pernah diungkap pada 14 Juni lalu kala kantor jasa ekspedisi kedapatan menyimpan ribuan batang rokok ilegal.

"Kalau modusnya bisa lewat jasa ekspedisi atau mencari sendiri. Tapi kalau kebanyakan melalui jasa ekspedisi, seperti yang sudah berlangganan jadi tinggal dikirim," ucap Poniman.

Penyitaan rokok ilegal di pelosok Bandung Barat rutin dilakukan namun diakuinya sulit untuk dientaskan. Untuk itu pihaknya akan terus melakukan operasi gabungan mengingat peredaran rokok ilegal menimbulkan kerugian negara.

"Agak sulit ditertibkan karena memang peredarannya di pelosok. Tapi operasi akan terus dilakukan untuk mengoptimalkan penerimaan negara," ucap Poniman.



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)