Relawan Sahabat Sandi Dorong Pelaku UMKM Jabar Tembus Pasar Ekspor

Relawan Sahabat Sandi Dorong Pelaku UMKM Jabar Tembus Pasar Ekspor

Sukma Nur - detikJabar
Selasa, 02 Agu 2022 10:48 WIB
Sahabat Sandi
Foto: Istimewa
Jakarta -

Relawan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sahabat Sandi terus berupaya membantu masyarakat untuk berkembang dalam usahanya. Salah satunya dengan cara menggelar pelatihan membuat konten kreatif untuk pelaku usaha di Bandung, Jawa Barat.

Ketua UMKM Sahabat Sandi Bandung Raya Dewi Trianawati menyatakan, saat ini kendala yang dirasakan oleh pelaku usaha terkendala masalah pemasaran online. Oleh karena itu, pelatihan yang digelar oleh Sahabat Sandi diharapkan bisa meningkatkan kemampuan pemasaran.

"Kami di sini membantu Pelaku usaha kecil belajar membuat konten kreatif sebagai pemasaran lewat sosial media. Selain itu, kami juga membantu legalitas produk," ujar Dewi Trianawati dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).


Ia mengatakan, selama berjalanya UMKM Sahabat Sandi selama satu tahun, banyak para anggota atau pelaku usaha kecil yang mengalami kemajuan, salah satunya adalah adanya produk yang berhasil masuk ke luar negeri (ekspor) sampai mengalami kenaikan omzet.

"Alhamdulillah Sahabat Sandi sudah bisa keluar negeri karena motivasi dan program dari Pak Sandi," katanya.

Keberhasilan akan meningkatkan kemampuan pelaku usaha UMKM membuat Dewi yakin jika Sandiaga terpilih menjadi Presiden 2024, maka perekonomian akan bangkit, pengangguran berkurang, dan tenaga kerja akan bertambah.

"Hal ini sudah terbukti ketika menjadi Menparekraf dengan terserapnya 1,1 juta lapangan kerja saat ini dan 4,4 juta lapangan kerja terserap di 2024," tambahnya.

Sementara itu, Perwakilan UMKM Lisma merasa pelatihan konten ini sangat bermanfaat untuk membantu pemasaran produknya. Sebab, produknya saat ini telah berhasil diekspor sehingga perlu adanya inovasi pemasaran konten.

"Dengan dukungan dari Pak Sandi, produk saya (madu) sudah diekspor sampai ke Turki dan insyaallah ke Jepang. Saya sangat merasa Pak Sandi memprioritaskan kami selaku pelaku usaha kecil. Kami siap mendukung Pak Sandi menjadi Presiden 2024," ujar Lisma.



Simak Video "Target Sandiaga Uno Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Pekerjaan di 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)