Pesawat NC212i PTDI Jalankan Misi Ferry Flight ke Thailand

Yudha Maulana - detikJabar
Senin, 01 Agu 2022 10:17 WIB
Pesawat NC212i buatan PTDI akan dikirimkan ke Thailand
Pesawat NC212i buatan PTDI akan dikirimkan ke Thailand (Foto: Yudha Maulana/detikJabar)
Bandung -

Pesawat NC212i buatan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) melakukan ferry flight ke Thailand. Pesawat dengan tail number AX-2129 diberangkatkan dari hangar delivery center (DC) PTDI sebelum lepas landas di Pangkalan Udara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (1/8/2022).

Delapan orang kru pesawat akan menjalankan misi ferry flight menuju Nakhon Sawan. Rutenya Pekan Baru, Hatyai kemudian Nakhon Sawan Air Base Thailand pada 3 Agustus mendatang.

Ferry flight adalah penerbangan pesawat untuk tujuan kembali ke pangkalan, pengiriman ke pelanggan, pindah dari satu pangkalan operasi ke pangkalan lain atau pindah ke atau dari fasilitas perawatan untuk pemeliharaan, perbaikan, dan operasi .


Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM PTDI Wildan Arief mengatakan, pesawat tersebut merupakan pesawat ketiga dari empat pesawat yang dipesan otoritas Thailand. Sesuai kontrak, pesawat keempat akan diserahkan pada Desember mendatang.

"Pesawat ini merupakan yang ketiga dari empat pesawat yang dikirim ke Thailand. Kontrak dengan Ministry of Agriculture," ujar Wildan setelah seremoni ferry flight di hanggar DC PTDI.

Dikutip dari laman PTDI, NC212i adalah versi yang dikembangkan dari seri C212-400, menawarkan performa tinggi dengan berbagai macam konfigurasi yang telah terbukti tangguh digunakan dalam berbagai jenis lingkungan dan misi yang berbeda.

Dengan desain yang simple untuk proses perawatan, menjadikan pesawat ini efisien dalam biaya operasional maupun perawatan yang menjadikannya pesawat terbaik di segmen pesawat ringan.

"Jenis NC212i ini secara spesifik punya kapabilitas yang memang sangat beragam jenisnya. Ini tipenya troop transport, untuk mengangkut pasukan, angkut kru tapi bisa dimodifikasi untuk rain making dari sisi ukuran pesawat dan kapabilitas untuk mengangkut ini ideal untuk Thailand," ujarnya.

Ke depannya, PTDI akan menawarkan pesawat tipe lainnya untuk Thailand yaitu N219. Pesawat yang diberi nama Nurtanio tersebut memiliki bentuk yang lebih ramping, namun bermobilitas tinggi. "Ada kemungkinan pesawat lain di Thailand yaitu N219, pesawatnya lebih kecil, ringan dan mudah-mudahan ini juga kontrak berikutnya," tuturnya.

Selain Thailand, PTDI juga tengah menjaja finalisasi kontrak enam pesawat kepada Filipina. "Jejak PTDI tersebar secara global karena tidak hanya menjual pesawat tapi juga delivery sampai ke servis, suku cadang. Jadi pabrik kita di sini cukup lengkap, tidak hanya membuat pesawat tapi juga part pesawat," katanya.

Spesifikasi Pesawat NC212i :

Mesin: dua mesin Turboprop Honeywell TPE-331-12JR-701C dengan dua baling-baling Dowty Rotol empat bilah

Kokpit: full glass cockpit, sistem avionik canggih dan modern, autopilot Roda pendarat tetap, konfigurasi sayap tinggi

Berat lepas landas maksimum: 8.100 kilogram

Berat pendaratan maksimum: 8.100 kilogram

Kapasitas angkut: hingga 28 kursi

Lepas landas dan mendarat dengan kemampuan runway tak beraspal Dilengkapi dengan ramp door untuk memudahkan bongkar muat

Kegunaan: angkutan penumpang, VIP, angkutan militer, penerjun payung, evakuasi medis, kargo, dan lainnya.



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/dir)