Susi Air Cup 2022 Meriahkan Akhir Pekan di Pangandaran

Aldi Nur Fadillah - detikJabar
Sabtu, 30 Jul 2022 17:30 WIB
Susi Air Cup 2022.
Susi Air Cup 2022. (Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar)
Pangandaran -

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Susi Air Cup 2022 meriahkan liburan akhir pekan di Pangandaran. Kompetisi pacuan kuda kelas nasional ini dilaksanakan di Pantai Legok Jawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Pantauan detikJabar Sabtu (30/7/2022) mulai pukul 10.00 Warga Pangandaran sudah memenuhi lapangan pacuan kuda Legokjawa untuk menyaksikan beberapa kelas kejuaraan.

Menariknya, wisatawan atau warga Pangandaran yang menonton pacuan kuda, mereka tak ditarif. Mereka cukup menunjukan kartu vaksinasi.


Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Pangandaran Dani mengatakan, Kejurnas Pacuan Kuda Susi Air Cup 2022 diikuti 8 provinsi Indonesia, di antaranya NTT, Jabar, Sumbar, DIY, Jateng, Jatim, Sumut, DKI Jakarta, dengan 19 Kelas dna total hadiah ratusan juta.

"Pada Kelas 3 tahun derby 2000 Meter Susi Air Cup total hadiah Rp 200 juta," kata Dani. Sabtu (30/7/2022).

Susi Air Cup 2022.Susi Air Cup 2022. Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Tokoh masyarakat Pangandaran Susi Pudjiastuti mengatakan, adanya Susi Air Cup ini diharapkan bisa menghasilkan atlet berkuda daerah di kancah Nasional.

"Saya ingin cetusan kuda dari asal Pangandaran ikut tampil dan menang sebagai juara. Meskipun untuk kancah nasional pemenangnya masih dari Jawa Barat," kata Susi.

Selain itu, Susi berharap pacuan kuda yang akan diagendakan secara rutin ini bisa menjadi tujuan wisatawan sebagai destinasi pariwisata. Sehingga ada dampak positif yang bisa dirasakan bagi daerah.

"Dapat memberikan dampak positif, wisatawan yang datang bisa menikmati tontonan kejurnas ini yang bersampingan dengan pantai Legok Jawa," ucapnya.

Sementara itu, dalam kompetisi Susi Air Cup 2022 kelas 3 tahun dengan jarak 2000 meter dimenangkan kuda bernama Quen Milano (Jawa Barat) dengan joki Runtu, juara 2 dimenangkan kuda Darmaraja (Jawa Barat) dengan joki Maleke, dan juara 3 dimenangkan Matahariku (Sumatera Barat) dengam joki Herman.

Ketua Pordasi Jabar Bambang Heru mengatakan, kejurnas yang dilaksanakan Susi Air menjadikan ajang unjuk kekuatan Jabar dalam cabang olahraga pacuan kuda.

"Alhamdulillah perwakilan Jawa Barat kembali sabet juara pertama. Saya harap ini bisa membawa pertanda kemenangan nanti pada PON 2024 di Aceh," ucap Heru.

(ors/ors)