Ratusan Warga Sukabumi Keracunan Usai Santap Nasi Berkat

Syahdan Alamsyah - detikJabar
Jumat, 29 Jul 2022 19:00 WIB
Warga Sukabumi keracunan
Warga Sukabumi keracunan (Foto: Istimewa)
Sukabumi -

Sebanyak 120 orang warga Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi mengalami keracunan. Merek keracunan diduga usai menyantap nasi berkat yang dibagikan tetangga mereka yang baru pulang berhaji.

Sedikitnya 7 kendaraan dari 4 desa, Puskesmas dan kecamatan setempat dikerahkan untuk mengevakuasi korban keracunan tersebut. Saat ini masih ada sekitar puluhan orang yang mengalami gejala serius akibat keracunan tersebut.

"Awalnya ada 6 orang yang ke Puskesmas, tadi pagi sekitar pukul 08.30 WIB, semakin siang bertambah terus berdatangan dengan gejala serupa," kata Kepala Puskesmas Ciracap, Kabupaten Sukabumi Nana Resna Rahayu kepada detikJabar, Jumat (29/7/2022).


Nana menjelaskan berdasarkan keterangan warga, mereka sebelumnya sempat menyantap nasi berkat yang dibagikan salah seorang warga yang menggelar syukuran sepulang menunaikan ibadah haji.

"Mereka mengaku jam 18.00 WIB, Kamis (28/7) kumpul ada syukuran pulang haji, mereka dibagi berkat lalu memakan berkatnya. Jam 00.00 malam mulai mengeluh timbul gejala muntah mual pusing diare dan demam sampai pagi," ujar Nana.

Saat ini ada sebanyak 6 orang terpaksa dirujuk ke RSUD Jampang Kulon. Mereka yang mendapat rujukan mengalami gejala keracunan berat sperti kejang dan sesak nafas.

"Total korban keracunan 120 orang, dirujuk 6 orang sebagian sudah ada yang pulang. Yang mendapat penanganan Puskesmas ada sekitar 30 orang. Untuk yabg dirujuk 2 anak dan 4 orang dewasa," pungkasnya.



Simak Video "Dua Warga Sukabumi Tewas Tertimbun Longsor Saat Bangun TPT Fondasi Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(sya/dir)