Heboh Video Mesum Diduga Oknum Guru SD di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikJabar
Selasa, 26 Jul 2022 17:44 WIB
Gambar ilustrasi soal video viral nan mesum. (Danu Damarjati/detikcom)
Foto: Gambar ilustrasi soal video viral nan mesum. (Danu Damarjati/detikcom)
Ciamis -

Dunia pendidikan Kabupaten Ciamis digegerkan dengan beredarnya video mesum oknum guru di wilayah Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Video itu tengah ditelusuri.

Menurut informasi, video mesum tersebut beredar di sebuah grup perpesanan komunitas guru di wilayah Sukadana. Beredarnya video tersebut menjadi perbincangan di kalangan pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Endang Kuswana membenarkan video mesum tersebut. Pemeran dalam video itu adalah yang pria berstatus guru PNS dan yang perempuan berstatus guru P3K. Kedua oknum guru tersebut mengajar di SD yang sama di Bunter, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis.


"Kami menerima laporan dari Kepala sekolah tanggal 18 Juli 2022. Oknum guru yang dimaksud sekarang dalam penanganan Disdik. Sudah dua kali lakukan pemanggilan. Besok dibuat lagi surat pemanggilan paksa ke 3 atau terakhir. Untuk proses indisipliner nanti disesuaikan dengan PP 53/2010 dan PP 94/2021 tentang Disiplin PNS," ujar Endang saat dihubungi detikJabar, Selasa (26/7/2022).

Setelah beredarnya video mesum tersebut, pelaku laki-laki diduga kabur dari rumahnya dan tidak lagi mengajar.

"Pelaku yang laki-laki sampai dengan pemanggilan kedua tidak ada di tempat tugas mau pun di rumahnya," ungkapnya.

Pelaku perempuan sempat datang ke kantor Dinas Pendidikan Ciamis didampingi suami dan kepala sekolahnya. Ia pun mengakui perbuatannya. Namun yang bersangkutan mengaku tidak memiliki video tersebut. Video hanya dimiliki oleh pelaku pria. Diduga yang menyebarkannya pun pelaku pria.

"Informasi yang didapat dari pelaku yang wanita, itu disebarkan oleh pelaku yang laki-laki ke grup (WA) PGRI," ungkapnya.

Ketika ditanya mengenai motif penyebaran video tersebut, Endang mengaku mengetahui motif pelaku pria menyebar video mesumnya. "Belum sampai ke arah sana," katanya.

Menurut Endang, berdasarkan laporan dari pelaku perempuan, kejadian dalam video tersebut terjadi sudah cukup lama. Namun yang kini beredar, diduga disebar oleh pelaku pria baru beberapa terakhir. Informasinya, keduanya sudah memiliki keluarga dan anak.

"Perbuatan mesumnya itu sudah dalam penanganan Aparat Penegak Hukum," pungkasnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Ciamis Iptu Magdalena membenarkan adanya video mesum tersebut. Kasus tersebut kini ditangani oleh Satreskrim Polres Ciamis.

"Saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan pendalaman. Untuk perkembangan selanjutnya nanti akan kami sampaikan," ucapnya.



Simak Video "Fashion Show di Depan Masjid Ciamis, Panitia Disanksi Ngaji!"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)