Nggak Ribet! Cara Memindahkan Data dari Android ke iOS

Cornelis Jonathan Sopamena - detikJabar
Senin, 25 Jul 2022 21:00 WIB
Shopping on Virus Times at Home, Covid-19, Coronavirus, Stay Home
Ilustrasi ponsel. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Pofuduk Images)
Bandung -

Data dalam ponsel merupakan hal penting bagi banyak orang, baik foto, dokumen, maupun obrolan pribadi. Alhasil, masyarakat yang mengganti ponsel biasanya menginginkan data di ponsel lamanya ikut pindah ke ponsel barunya.

Memindahkan data dari ponsel yang memiliki sistem operasi yang sama biasanya relatif mudah. Kendati demikian, memindahkan data dari Android ke iOS cenderung lebih sulit karena memiliki sistem operasi yang berbeda.

Sebagai catatan, data yang dapat dipindahkan adalah kontak, riwayat pesan, foto dan video dari kamera, album foto, file dan folder, pengaturan aksesibilitas, pengaturan layar, penanda web, akun surel, pesan dan media WhatsApp, serta kalender.


Beberapa aplikasi yang tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store juga dapat dipindah.

Melansir dari support.apple.com, berikut cara memindahkan data dari Android ke iOS.

Apa Yang Perlu Disiapkan?

Sebelum memindahkan data dari Android ke iOS, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan, yaitu Anda perlu memastikan Wi-Fi di perangkat Android sudah menyala dan sambungkan perangkat iOS dan Android ke stop kontak untuk mengisi daya.

Sebelum memindahkan data, Anda juga perlu memastikan tempat penyimpanan Anda akan muat di perangkat iOS Anda, terutama jika Anda menggunakan kartu micro SD eksternal. Hal ini menjadi catatan penting karena perangkat iOS umumnya tidak memiliki tempat SD Card eksternal.

Berikut Langkah-Langkah untuk Memindahkan Data

1. Pada perangkat iOS Anda, buka pengaturan > App & Data > Pindahkan Data dari Android.
2. Pada perangkat Android Anda, unduh dan buka app "Move to iOS".
3. Pada perangkat iOS Anda, ketuk "Lanjutkan" atau "Continue" saat Anda melihat layar "Pindah dari Android" atau "Move from Android". Lalu, tunggu hingga muncul kode sepuluh digit atau enam digit.
4. Masukkan kode tersebut di perangkat Android Anda.
5. Perangkat iOS Anda akan membuat jaringan Wi-Fi sementara. Perangkat Android Anda kemudian akan memberikan pertanyaan untuk bergabung dengan jaringan tersebut, ketuk "Hubungkan" atau "Connect". Lalu, tunggu hingga layar "Transfer Data" muncul.
6. Pada perangkat Android, Anda perlu memilih konten yang ingin Anda transfer, lalu ketuk "Lanjutkan" atau "Continue, tunggu hingga loading bar pada perangkat iOS selesai. Keseluruhan proses pemindahan data ini memerlukan waktu yang bervariasi, tergantung pada jumlah konten dan data yang Anda pindahkan.
7. Setelah loading bar pada perangkat iOS selesai, ketuk "Selesai" atau "Done" pada perangkat Android Anda. Kemudian, ketuk "Lanjutkan" atau "Continue" pada perangkat iOS dan ikuti langkah-langkah pada layar untuk menyelesaikan pengaturan perangkat iOS.
8. Pastikan seluruh konten sudah selesai dipindahkan. Sebagai catatan, data berupa musik, buku, dan PDF perlu dipindahkan secara manual.

(ors/ors)