Kabar Internasional

Ternyata! Ini Sejarah dan Arti Nama Nokia

Tim detikInet - detikJabar
Senin, 25 Jul 2022 03:00 WIB
HP Nokia berdesain nyeleneh
Ponsel nokia. (Foto: Stuff)
Jakarta -

Nokia pernah menjadi raja perusahaan infrastruktur telekomunikasi di dunia. Pada tahun 2000-an, ponsel Nokia yang punya sistem operasi Symbian begitu digandrungi sebelum akhirnya tenggelam oleh gempuran ponsel bersistem Android hingga iOS.

Dilansir detikINET yang mengutip Tech Spit, jika menilik sejarah, Nokia didirikan pada 1865 atau lebih dari seabad yang lalu oleh seorang engineer berkebangsaan Finlandia dan Swedia, Fredrik Idestam. Awal pendiriannya, Nokia ternyata merupakan perusahaan pabrik bubur kertas yang ada di dekat kota Tampere, Finlandia.

Tiga tahun berselang, pabrik keduanya didirikan, tepatnya pada 1868. Pabrik kedua ini lokasinya berada tak jauh dari lokasi pabrik pertama, dan kebetulan terletak di kota yang bernama Nokia. Sejak saat itulah, nama kota itu disematkan menjadi nama perusahaan Nokia.


Pada tahun 1871, Idestam bersama seorang temannya yang bernama Leo Mechelin, mendirikan perusahaan patungan dan menyebutnya sebagai Nokia, berdasarkan lokasi pabrik keduanya.

Nah, arti nama Nokia sendiri tidak benar-benar bisa dipastikan. Dalam bahasa Finlandia modern, noki berarti jelaga dan Nokia adalah kata jamak, walaupun kata ini sangat jarang digunakan.

Teori paling umum adalah, nama Nokia kemungkinan berasal dari kata Finlandia kuno, yaitu nois atau nokinaata, yang artinya adalah semacam musang kecil. Setelah hewan itu punah, kata itu diaplikasikan pada hewan berbulu hitam.

Akan tetapi dalam riset selanjutnya, musang kecil disebut tidak pernah mendiami Finlandia. Sehingga nama nois barangkali merujuk pada hewan berang-berang.

Jadi, arti nama Nokia tidak merujuk pada macam-macam. Berbeda halnya dengan Samsung yang artinya tiga bintang atau Xiaomi adalah beras kecil. Mungkin karena Nokia sudah sangat lama didirikan sehingga penciptanya tidak terlalu memikirkan arti sebuah nama.

(ral/ors)