Kabar Nasional

Hanan Attaki Bantah Tuduhan Eks HTI

Tim detikJatim - detikJabar
Jumat, 15 Jul 2022 17:29 WIB
Ustaz Hanan Attaki
Hanan Attaki (Foto: Dokumen pribadi Tim Ustaz Hanan Attaki)
Bandung -

Ustaz Hanan Attaki ditolak berceramah di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim Gresik. gegara dianggap eks HTI. Pendakwah muda ini pun buka suara atas tuduhan itu.

Diketahui, rencana Hanan Attaki berceramah dalam Konser Langit di Masjid Agung Maulana Malik Ibrahim, Gresik pada 30 Juli mendatang terancam batal. PCNU Gresik keberatan Hanan Attaki dakwah di masjid itu karena menyinyalir pendakwah asal Aceh itu eks anggota HTI.

Melalui rekaman video, Hanan Attaki bicara soal keberatan itu. Dia mengklarifikasi bila dirinya tidak pernah terafiliasi dengan HTI.


Dilansir dari detikJatim, di video berdurasi 10 menit 32 detik itu, Hanan Attaki merespons pernyataan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik yang keberatan dirinya datang ke Gresik lantaran disinyalir sebagai mantan anggota HTI. Hanan Attaki sendiri dijadwalkan berceramah di Masjid Agung Gresik pada 30 Juli 2022 mendatang.

"Melalui video ini saya ingin menjelaskan kekeliruan bahwa saya yang disinyalir sebagai eks anggota HTI. Ini jelas keliru, ini jelas salah, bahkan ini cenderung mengarah ke fitnah, karena tidak sesuai fakta dan realita," kata Hanan Attaki di video itu.

"Kenyataannya adalah, saya bukan anggota HTI. Jangankan menjadi anggota struktur, simpatisannya saja bukan," Hanan Attaki melanjutkan.

Dia mengatakan semenjak pulang dari Mesir, ia tak tergabung dengan organisasi manapun selain membuat organisasi dakwah anak muda yang bernama Pemuda Hijrah. Ia juga mengaku, selama ini berpatokan pada Imam Syafi'i. Seperti diketahui, warga Nahdliyin di Nusantara sama-sama menganut mazhab Syafi'i.

"Saya mengambil mazhab Syafi'i karena saya belajar di Al Azhar dan dulu nyantri selama 6 tahun ketika masih di Aceh. Sehingga, tidak ada hubungan sama sekali saya dengan HTI. Fakta lain adalah ketika saya menggelar tablig akbar di luar masjid, kami pasti meminta panitia untuk dibuka dengan melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya," tegasnya.

Keberatan ini diungkapkan PCNU Gresik. Dia menilai Hanan Attaki disinyalir eks anggota HTI.

"Informasi yang kami terima, memang benar penceramahnya Ustaz Hanan Attaki. Penceramah itu disinyalir eks anggota HTI. Ini bukan men-justice dia eks anggota HTI," kata Sekertaris PCNU Gresik Mohammad Syifaul Fuad dikonfirmasi detikJatim via telepon, Senin lalu (11/7).

Syifa menjelaskan, PCNU tidak bisa memastikan jika Hanan Attaki mantan anggota HTI atau bukan. Sebab, PCNU sendiri tidak tahu struktur organisasi yang kini sudah dilarang itu. Namun, penilaian PCNU terhadap Hanan Attaki disinyalir eks anggota HTI berdasarkan jejak digital yang beredar luas.

"Kalau memastikan mantan anggota HTI atau bukan kami tidak bisa, karena kami tidak tahu strukturnya. Tapi dari jejak digital kan bisa kita lihat. Salah satunya ustaz itu menyebut jika Rasulullah pernah tersesat," kata Syifa.

Untuk itu, kata Syifa, PCNU melalui Lembaga Takmir Masjid Gresik (LTMG) mengirim surat keberatan kegiatan dakwah yang ditujukan kepada bupati Gresik.

"Setelah melihat poster kegiatan itu, kemarin lembaga masjid NU sudah mengirim surat keberatan kepada Bupati. Kami berharap agar panitia mencari penceramah atau narasumber yang agamis, yang religus, dan dekat dengan kearifan lokal," kata Syifa.



Simak Video "Begal Dikeroyok Warga di Bandung, Disebut Sempat Todongkan Pistol"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)