4 Teori Evolusi Wujud Manusia di Masa Depan, Jadi Cyborg?

Kabar Internasional

4 Teori Evolusi Wujud Manusia di Masa Depan, Jadi Cyborg?

Tim detikInet - detikJabar
Kamis, 14 Jul 2022 15:42 WIB
Artificial Intelligence telah mengambil bagian dalam kehidupan manusia saat ini. Kemajuan teknologi membuat mimpi manusia yang awalnya mustahil menjadi mungkin.
(Foto: Dok istimewa)
Bandung -

Eksistensi robot hingga mobil terbang awalnya hanya sebatas prediksi dari manusia masa lampau, kini kecanggihan itu telah terwujud dan sebagian lagi mendekati kenyataan.

Muncul pertanyaan menggelitik, seperti apa prediksi wujud manusia dalam 1.000 tahun ke depan ? Dikutip dari detikINET dari lansiran Bussiness Insider ada lima prediksi terhadap evolusi manusia dalam seribu tahun mendatang.

1. Mutan

Manusia diprediksi bisa menjadi mutan di masa depan. Walau tak sedrastis seperti tokoh-tokoh di kartu X-Men, namun proses mutasi ini bisa membuat manusia lebih kebal terhadap berbagai penyakit dengan alat penyunting gen seperti CRISPR.


Studi yang dilakukan oleh University of Oxford terhadap sekelompok anak terinfeksi HIV di Afrika Selatan menunjukkan bahwa mereka dapat hidup secara sehat dan normal lewat pertahanan dalam gen mereka sehingga mencegah virus tersebut berkembang menjadi AIDS.

2. Alien

Bukan tidak mungkin perubahan fisik manusia akan menyerupai alien di masa depan. Dengan gencarnya proyek dari SpaceX, Blue Origin hingga Boeing untuk memindahkan manusia ke Mars, bukan tidak mungkin orang-orang di Bumi akan melihat penduduk planet merah tersebut di masa depan sebagai 'alien'.

Hal ini disebabkan oleh rendahnya paparan matahari (66% lebih kecil dari Bumi) di Mars sehingga memperbesar pupil manusia untuk memudahkan mereka melihat serta minimnya gravitasi di Mars (38% dari Bumi) yang mengakibatkan pertumbuhan pada tinggi badan makhluk pendatang di sana.

3. Menjadi Lebih Tinggi

Selama sekitar 130 tahun terakhir, tubuh manusia cenderung mengalami peningkatan terhadap tinggi badan. Pada 1880, rata-rata tinggi masyarakat pria di dataran Amerika berada di kisaran 170 cm.

Sedangkan pada saat ini, rata-rata tinggi penduduk laki-laki di tempat yang sama sudah hampir mencapai 180 cm. Jika dihitung secara kasar, maka dalam seribu tahun mendatang rataan tinggi manusia dapat menyentuh angka 2,5 m.

4. Cyborg

Tubuh manusia sangat mungkin disusupi berbagai teknologi untuk meningkatkan kemampuan indera dan kesehatan. Salah satu contohnya, tim dari University of Oregon tengah mengembangkan mata bionik yang memungkinkan para penderita tuna netra untuk melihat.

Berkaca pada hal tersebut, bukan tidak mungkin akan ada teknologi yang membuat manusia untuk melihat layaknya memiliki 'fitur' infrared dan x-ray di dalam mata bioniknya.

(yum/yum)