Siap-siap! Play Off hingga Final IBL 2022 Digelar di Bandung

Bima Bagaskara - detikJabar
Senin, 04 Jul 2022 23:00 WIB
.
Logo IBL. (Foto: Istimewa)
Bandung -

Kota Bandung terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan babak play off Indonesian Basket League (IBL) 2022. Rencananya babak play off diselenggarakan di GOR C'Tra Arena pada 13-30 Agustus.

"Babak play off hingga final IBL Tokopedia 2022 akhirnya ditetapkan 13-30 Agustus di C'Tra Arena Bandung," tulis keterangan IBL di laman resminya seperti dilihat detikJabar, Senin (4/7/2022).

Sebelum memilih Bandung, IBL telah melakukan assessment venue di lima kota yang kemudian mengerucut menjadi dua kota yakni Solo dan Bandung. Meski telah menetapkan Bandung sebagai tuan rumah, IBL menyiapkan Solo sebagai lokasi cadangan.


Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengungkapkan alasan dipilihnya Bandung menjadi tuan rumah. Yang paling utama karena fasilitas lapangan dan gedung C'Tra Arena dianggap memadai.

"Selain itu fasilitas penunjang lainnya seperti akomodasi serta sarana medis Kota Kembang juga dinilai representatif untuk menggelar babak-babak penentuan tersebut," ujar Junas.



Menurutnya setelah sukses menggelar IBL musim 2022 di Jakarta dengan sistem gelembung, IBL ingin penikmati basket di kota lain juga turut merasakan atmosfer pertandingan yang semakin ketat. Hal lain juga mempertimbangkan musim sebelumnya, babak play off-final telah berlangsung di Jakarta.

"Dengan sistem tiket pertandingan yang telah diterapkan seperti sebelumnya yakni single-game tiket diyakini setiap pertandingan akan seru dan dipenuhi penonton tak hanya dari Kota Bandung," kata dia.

Adapun format babak play off hingga final IBL nanti adalah best of three. Setiap tim harus memenangkan dua pertandingan untuk melaju ke babak berikutnya hingga menjadi juara IBL 2022.

Play off pertama akan berlangsung 13-16 Agustus diikuti oleh delapan tim terbaik hasil babak reguler.

Mereka berdasarkan peringkat adalah Pelita Jaya Bakrie, Satria Muda Pertamina, Prawira Bandung, NSH Mountain Gold Timika, West Bandits Combiphar Solo, Dewa United Surabaya, Amartha Hangtuah Jakarta, dan RANS PIK Basketball.

Untuk jadwalnya, Pelita akan ditantang RANS, Satria Muda berhadapan dengan Hangtuah, Prawira melawan Dewa United, dan NSH bertemu West Bandits.

Sementara untuk play off kedua akan berlangsung 20-23 Agustus dan laga final penentuan juara kompetisi akan dilaksanakan 27-30 Agustus

(bba/ors)