4 Kartun Edukasi Buat Isi Libur Sekolah, Menghibur dan Mendidik

Tim detikJabar - detikJabar
Minggu, 03 Jul 2022 16:59 WIB
Nussa
Kartun anak yang edukatif (Foto: YouTube Nussa Official)
Bandung -

Libur sekolah tiba, pada waktu itulah anak-anak rehat sejenak dalam aktivitas di sekolahnya. Daripada bermain keluar rumah, apalagi cuaca akhir-akhir ini tak menentu, kadang panas atau hujan lebih baik ajak anak-anak menonton film kartun yang mendidik.

Karena saat ini sudah ada platform YouTube yang bisa digunakan di ponsel, perangkat komputer atau tv kabel yang terhubung ke Internet Anda bisa mengajak anak menyaksikan film kartun pilihannya.

Berikut 4 kartun edukasi pilihan detikJabar:


1. Doraemon

Doraemon, adalah kartun favorit semua kalangan. Kartun mendidik asal Jepang ini banyak pelajaran yang bisa diambil seperti jadilah anak yang rajin dan suka menolong teman. Kartun ini juga mengajarkan indahnya persabahatan antara Nobita dan Doraemon.

Selain Nobita dab Doraemon, ada Shizuka, Gian, Suneo, Dekisugi, Dorami, ayah dan ibu Nobita memberikan warna dalam setiap perannya.

2. Upin dan Ipin

Kartun yang diproduksi oleh Les Copaque Malaysia, Upin dan Ipin adalah salah satu kartun yang populer di Indonesia.

Film dua sodara kembar ini menceritakan Upin dan Ipin beserta kawan-kawannya di suatu desa yang bernama Kampung Durian Runtuh.

Hingga kini, Upin dan Ipin merupakan serial yang paling diminati oleh anak-anak di Indonesia. Cerita dalam kartun ini sarat akan nilai edukasi, baik tentang persahabatan, adab terhadap orang tua, toleransi, agama, hingga tentang budaya.

3. Nussa dan Rara

Nussa dan Rara adalah film kartun karya anak negeri. Kartun ini juga mendapatkan respons yang positif sejak perilisannya di akun YouTube Nussa Official.

Film kartun ini berkisah tentang kakak beradik Nussa dan Rara. Kartun ini mengedukasi untuk anak dalam hal agama yaitu menganjurkan untuk rajin beribadah.

Di kartun ini juga terdapat lagu-lagu Islami yang dikemas dengan baik sehingga mudah dihafal oleh anak-anak.

4. Adit Sopo Jarwo

Film kartun Adit Sopo Jarwo adalah salah satu kartun karya anak Indonesia. Film kartun ini menceritakan tentang kehidupan masyarakat di Indonesia.

Anak-anak yang saksikan kartun ini diajak untuk mengenal budaya Indonesia. Ada banyak nilai-nilai edukasi untuk anak, mulai dari persahabatan, tolong menolong, hingga pentingnya menjaga amanah dan berbuat baik terhadap sesama.

Wargi Jabar, inilah empat film kartun pilihan yang dapat anak Anda saksikan selama liburan sekolah.

(wip/tey)