Kabar Nasional

Kiprah Eks Wakapolda Jabar Peraih Hoegeng Awards 2022

Tim detikNews - detikJabar
Sabtu, 02 Jul 2022 00:55 WIB
Sosok Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus yang dinilai anti suap hingga masuk nominasi Hoegeng Awards 2022 (detikcom/Ajis Halid)
Foto: Sosok Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus yang dinilai anti suap hingga masuk nominasi Hoegeng Awards 2022 (detikcom/Ajis Halid)
Bandung -

Irjen Akhmad Wiyagus menerima penghargaan Hoegeng Awards 2022. Sosok eks Wakapolda Jawa Barat ini dianugerahi Hoegeng Awards untuk kategori Polisi Berintegritas.

Penganugerahan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam acara yang berlangsung di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (1/7/2022). Acara ini turut dihadiri oleh Chairman of CT Corp Chairul Tanjung.

Penghargaan terhadap pria yang kini menjabat sebagai Kapolda Lampung tersebut disampaikan Ketua Harian Kompolnas Irjen (Purn) Benny Mamoto dan Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.


Akhmad Wiyagus diusulkan untuk mendapatkan Hoegeng Awards 2022. Sosok yang saat diusulkan menjabat sebagai Kapolda Gorontalo ini dinilai sebagai sosok polisi yang berintegritas lantaran antisuap.

Antisuap ini jadi ciri khas Wiyagus lantaran sebelumnya juga pernah bekerja di KPK. Sosoknya yang antisuap, juga diamini oleh bawahan dan juga koleganya. Dia sosok jenderal bintang dua yang tak bisa dinego.

Atas dasar itu, dewan pakar memilih Akhmad Wiyagus sebagai kandidat hingga didapuk menerima Hoegeng Awards kategori polisi berintegritas.

Bagi Akhmad Wiyagus, penghargaan ini akan dia dedikasikan untuk masyarakat Indonesia. Baginya masyarakat perlu dilindungi dan dilayani.

"Awards ini akan saya dedikasikan untuk masyarakat Indonesia, karena masyarakat lah yang harus saya lindungi, saya layani. Masyarakat lah yang harus diperlakukan secara adil dalam proses penegakan hukum," kata Wiyagus sebagaimana dilansir dari detikNews.

Wiyagus menyebut sosok mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso adalah inspirasinya. Ia pun mendedikasikan penghargaan tersebut untuk almarhum Hoegeng.

"Saya akan dedikasikan kepada inspirasi saya Pak Hoegeng Iman Santoso yang mungkin saya tidak bisa meniru sama sekali, ini hanya sebagian kecil yang bisa saya teladani," ucapnya.

Tak lupa, Irjen Wiyagus juga mendedikasikan penghargaan Hoegeng Awards 2022 untuk kedua orang tuanya yang selalu mendoakan agar selalu menjaga kejujuran dalam pelaksanaan tugas. Ia juga mendedikasikannya untuk institusi Polri dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Saya akan dedikasikan kepada pimpinan saya bapak Kapolri Jenderal Sigit, bapak adalah tauladan saya juga. Akan saya dedikasikan kepada istri dan anak-anak saya yang selalu memberikan kebahagiaan kepada saya dalam setiap selesai melaksanakan tugas," kata dia.

Akhmad Wiyagus bukan sosok asing bagi warga Jawa Barat. 54 tahun yang lalu, dia dilahirkan di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Berbagai jabatan penting di Jawa Barat pernah diemban Akhmad Wiyagus selama berseragam Polri. Dia pernah menjabat sebagai Kapolres Sumedang pada tahun 2008 hingga terakhir Wakapolda Jabar tahun 2019.

Selain itu, di luar tugasnya sebagai anggota Polri, Wiyagus juga peduli terhadap olahraga. Bahkan sosoknya kini juga menjabat sebagai Ketua PBSI Jawa Barat.

Hoegeng Awards 2022 merupakan program mencari sosok polisi teladan. Salah satu kategori dalam Hoegeng Awards 2022 adalah Polisi Berintegritas. Sebelumnya ada 3 kandidat dalam Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas, berikut daftarnya:

- Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus
- Anggota Satlantas Polres Gresik Aiptu Jailani
- Kabag Reformasi Birokrasi Polri Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) AKBP Irene Ayu Anggraini



Simak Video "Jenderal Hoegeng, Kapolri Jujur dan Teladan"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)