9 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, Mudah dan Murah

Bima Bagaskara - detikJabar
Kamis, 30 Jun 2022 11:00 WIB
Woman looking herself in the mirror at home standing by the big window. She is concerned about acne, maskne
Ilustrasi cara menghilangkan bekas jerawat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn)
Bandung -

Bekas jerawat di wajah akan mengganggu kepercayaan diri seseorang baik itu wanita maupun pria. Apalagi jika bekas jerawat kemudian menimbulkan bopeng alias lubang dan noda hitam pada kulit wajah.

Jerawat sendiri merupakan masalah kulit yang lazim dialami oleh banyak orang. Kotoran yang dihasilkan minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah jadi sebab munculnya jerawat.

Jerawat yang muncul bisa mengakibatkan bekas luka yang tampak seperti cekungan. Kondisi ini menandakan lapisan kulit mengalami kerusakan karena kebiasaan memencet jerawat.


Namun saat jerawat sudah sembuh, wajah akan mengalami kelebihan melanin yang dihasilkan oleh sel-sel kulit baru di permukaan wajah. Melanin inilah yang kemudian memunculkan bercak kulit dengan warna lebih gelap.

Namun detikers tak perlu risau, ada banyak cara untuk menghilangkan bekas jerawat agar tidak menimbulkan bopeng dan noda hitam di wajah. Cara-cara ini juga tergolong low budget karena bisa dilakukan di rumah dan menggunakan bahan-bahan alami yang murah meriah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bahan alami :

1. Lidah Buaya

Cara berikutnya untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan lidah buaya. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri pada lidah buaya menjadi produk yang hebat dalam menghilangkan bekas jerawat.

Untuk menggunakannya, ambil lidah buaya kemudian oleskan gel atau lendir dari lidah buaya ke wajah yang terdapat bekas jerawat. Kemudian diamkan beberapa saat baru dibilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal bisa lakukan cara ini 2-3 kali sehari.

2. Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Baking soda bisa menjadi eksfoliasi ringan untuk membantu memudarkan jaringan parut secara berlapis.

Ambil 1 sendok teh baking soda lalu tambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut ke bekas jerawat. Namun cara ini tidak dianjurkan bagi yang memiliki kulit sensitif.

3. Kunyit

Kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan curcumin pada kunyit merupakan bahan aktif yang memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi.

Sama seperti baking soda, ambil satu sendok bubuk kunyit dengan sedikit perasan lemon untuk dijadikan pasta. Lalu oleskan pasta kunyit ke bekas jerawat. Diamkan selama 15 baru cuci bersih.

4. Lemon

Lemon bisa dicoba untuk menghilangkan bekas jerawat. Lemon bekerja sebagai pemutih alami dan membantu meringankan segala jenis bekas luka pada kulit.

Ambil dan potong lemon segar. Kemudian peras airnya dan langsung oleskan ke bekas jerawat di wajah menggunakan ujung jari. Biarkan selama 10 menit lalu bilas dengan air.

5. Cuka Apel

Cuka sari apel memiliki sifat asam yang mampu membantu mencerahkan kulit. Cuka ini juga dapat memperbaiki sel kulit mati.

Campurkan cuka apel dengan air. Celupkan kapas ke air yang sudah dicampur cuka apel ini. Lalu oleskan ke bekas jerawat

6. Kentang

Kentang memiliki banyak kandungan vitamin B3 dan juga mineral yang berguna untuk menyembuhkan bekas jerawat dan noda hitam.

Iris tipis kentang yang telah dicuci bersih kemudian tempelkan pada wajah dengan bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit lalu cuci wajah menggunakan air bersih.

7. Madu

Dikenal sebagai sumber manfaat, madu memiliki antibakteri dan anti inflamasi yang berguna untuk menghilangkan bekas jerawat sekaligus bopeng di wajah.

Oleskan madu murni ke bekas jerawat hingga mengering dengan telunjuk. Setelah itu cuci wajah dengan air bersih.

8. Putih Telur

Putih telur dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Mampu menyerap kelebihan minyak dan mengatasi masalah jerawat.

Pecahkan telur kemudian pisahkan bagian putih dari kuningnya. Setelah terpisah, gunakan putih telur itu sebagai masker ke wajah. Diamkan hingga mengering baru bilas dengan air bersih.

9. Vitamin C

Mengkonsumsi atau menggunakan skincare yang mengandung vitamin C dapat mengatasi bekas jerawat seperti bintik hitam dan bopeng.

Vitamin C bisa melakukan keajaiban pada kulit. Vitamin C bisa membantu melawan radikal bebas dan memudarkan bintik berpigmen pada kulit. detikers bisa mencoba mengkonsumsi jus lemon yang kaya akan vitamin C.

Itu tadi cara-cara menghilangkan bekas jerawat dengan low budget dan tentunya bisa dilakukan di rumah.

(bba/tey)