Kabar Internasional

Manusia Harus Jadi Setengah Robot Jika Ingin Hidup di Mars

Tim detikInet - detikJabar
Selasa, 28 Jun 2022 17:30 WIB
Cyborg
Ilustrasi. (Foto: Cyborg DC Fandom)
Jakarta -

Ide hidup di Mars terus berkembang dan dipikirkan. Hal itu tidak terlepas dari kemajuan dan canggihnya teknologi penerbangan ke luar angkasa.

Tak percaya betapa seriusnya mewujudkan gagasan hidup di Mars? NASA dan SpaceX sudah mempertimbangkannya sebagai sebuah kemungkinan.

Namun hidup di Mars tentu tak mudah. Ada banyak hal yang harus disiapkan, salah satunya membangun pesawat ruang angkasa mandiri agar dapat membawa kru dan penumpang dengan aman.


Cara melindungi astronaut dari radiasi matahari dan kosmik berbahaya juga harus dipertimbangkan. Risiko hidup dalam gaya berat mikro di planet tanpa atmosfer juga harus dipertimbangkan.

Dikutip dari detikInet, Selasa (28/6/2022), Lord Martin Rees, salah satu astronom terkemuka di Amerika Serikat, mengklaim solusi yang jelas untuk beberapa masalah di atas adalah membuat penjelajah masa depan menjadi bagian dari cyborg.

"Para penjelajah pemberani di Mars ini akan keluar dari cengkeraman regulator dan mereka akan bisa memodifikasi diri mereka sendiri karena manusia sulit beradaptasi dengan Mars," ujarnya seperti dikutip dari Daily Mail.