Kabar Internasional

4 Hal Pendukung untuk Percaya Keberadaan Alien

Tim detikInet - detikJabar
Selasa, 28 Jun 2022 16:30 WIB
Alien di Bukit Buddha
Ilustrasi alien. (Foto: CNN Travel)
Jakarta -

Keberadaan alien masih menjadi teka-teki hingga kini. Kepercayaan publik pada makhluk luar angkasa ini pun terbelah antara yang percaya dan tidak percaya.

Alien sendiri jadi salah satu pembicaraan hangat dalam ranah sains. Bahkan, penelitian dan pencarian alien kerap dilakukan sejumlah orang.

Detikers sendiri percaya atau nggak sih dengan keberadaan alien? Dikutip dari detikInet, Selasa (28/6/2022), berikut ini empat hal pendukung untuk percaya bahwa alien itu mungkin benar-benar ada:


1. UFO Diamati Pemerintah AS

Pada tahun 1952, sebuah kelompok CIA yang disebut Psychological Strategy Board menyimpulkan ketika bicara tentang UFO, publik Amerika sangat mudah tertipu dan rentan terhadap 'perilaku massa yang histeris'.

Kelompok tersebut merekomendasikan kampanye 'debunking' atau bongkaran/sanggahan untuk merusak minat publik pada fenomena yang tidak dapat dijelaskan. Akan tetapi, pemerintah nampaknya tidak bisa membiarkan UFO tanpa penjelasan.

Pada Desember 2007, Pentagon mengkonfirmasi keberadaan Program Identifikasi Ancaman Dirgantara Tingkat Lanjut atau Advanced Aerospace Threat Identification Program. Program ini dibuat pada 2007 oleh senator Ted Stevens (yang melaporkan dikejar oleh objek misterius), Daniel Inouye, dan Pemimpin Mayoritas saat itu Harry Reid. Program ini menyelidiki dan mengevaluasi laporan penampakan UFO.

2. Sinyal dari Luar Angkasa

Pada tahun 1977, teleskop radio Big Ear Ohio State menerima pesan 72 detik yang berasal dari ruang antarbintang. Ini bisa menjadi tanda komunikasi luar angkasa.

Astronom yang melihatnya, Jerry Ehman, sangat bersemangat sehingga dia mencoret-coret 'Wow!' pada cetakan hasil catatan tersebut. Namun, bisa jadi pesan itu adalah hasil tarikan kosmik.

Atau memang pesan itu dari alien? Tidak ada yang tahu! Tetapi Sinyal 'Wow' tetap menjadi salah satu yang bisa mendukung keberadaan alien.

3. Bukti Foto

Ada banyak foto yang beredar di internet soal keberadaan UFO dan dugaan alien. Beberapa foto ada yang dimuat di ufosightingsdaily.com. Berikut ini contoh fotonya:

alienPenampakkan UFO. Foto: ufosightingsdaily
alienPenampakkan UFO Foto: ufosightingsdaily

alienPenampakkan UFO. Foto: ufosightingsdaily

4. Banyak yang Percaya Keberadaan Alien

Mereka yang mempercayai keberadaan alien berasal dari berbagai kalangan. Bahkan, sejumlah orang top di dunia meyakininya.

Salah seorang di antaranya adalah bos SpaceX Elon Musk. SpaceX adalah perusahaan yang berkecimpung di bidang antariksa. Elon Musk pernah berkata ada kemungkinan manusia berada di dunia simulasi.

"Jika (kita tidak ada) di sebuah simulasi, maka mungkin kita ada di lab dan ada beberapa peradaban maju alien yang mengamati bagaimana kita berkembang, ingin lihat saja, seperti jamur di cawan petri," kata Musk.

Tak cuma Musk, ada pula orang-orang dari pemerintahan yang melaporkan adanya penemuan atau 'kontak' dengan alien. Kendati demikian, banyak informasi yang masih ditutup rapat pemerintah.

(ors/ors)