Tebing 20 Meter Longsor, Jalan Penghubung 2 Desa di KBB Terputus

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 27 Jun 2022 16:29 WIB
Longsor di Bandung Barat.
Longsor di Bandung Barat (Foto: Istimewa).
Bandung Barat -

Longsor terjadi di Kampung Cikubanggirang, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. Akibat kejadian tersebut akses jalan antar desa terputus.

Berdasarkan informasi, longsor terjadi pada Senin (27/6/2022) sekitar pukul 09.00 WIB. Kejadian itu memutus akses yang menghubungkan Desa Mandalasari dengan Desa Mandalamukti, Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) Kecamatan Cikalongwetan Pipin Irawan mengatakan longsor terjadi dari sebuah tebing setinggi 20 meter dengan lebar 22 meter akibat hujan deras yang mengguyur sejak Minggu (26/6/2022) dini hari.


"Betul longsor memutus akses antar desa, kejadiannya jam 9 pagi tadi. Kemungkinan karena semalaman itu hujan deras, jadi tanahnya labil sampai terjadi longsor," ujar Pipin saat dihubungi.

Selain memutus akses sehingga tak bisa dilintasi kendaraan roda empat, longsor juga mengancam dua rumah warga yang berada di titik longsoran mengingat cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi dengan kondisi tanah yang labil.

"Ada 2 rumah juga terancam sehingga khawatir terdampak karena ada longsor susulan. Sementara kita pasang bambu pembatas di pinggir titik longsor," ungkap Pipin.

Pihaknya juga telah meminta warga yang terdampak untuk mengungsi karena potensi longsor susulan. Kemudian berkoordinasi dengan BPBD Bandung Barat menyiapkan penanganan sementara dengan masang terpal di bibir tebing yang longsor.

"Sebagai antisipasi diupayakan bersama BPBD untuk memasang terpal agar air hujan tidak langsung merembes ke tebing tanah yang longsor. Sehingga tidak ada tanah tergerus yang bisa memicu longsor susulan," tutur Pipin.

(mso/mso)