Jejak Kebaikan Eril yang Terekam dalam Benak Wali Kelasnya

Sudirman Wamad - detikJabar
Sabtu, 25 Jun 2022 15:11 WIB
Kronologi penemuan jasad Eril disampaikan langsung oleh Duta Besar RI di Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad. Eril ditemukan tewas di Bendungan Engehalde, Swiss.
Eril. (Foto: Instagram @ataliapr)
Bandung -

Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra sulung Gubernur Jabar Ridwan Kamil, hari ini, Sabtu 25 Juni 2022, sejatinya berusia 23 tahu. Almarhum Eril lahir pada 25 Juni 1999. Eril kini sudah tenang di tempat peristirahatan terakhirnya.

Jutaan doa hingga ucapan belasungkawa mengalir saat Eril menuju tempat peristirahatan terakhirnya di Cimaung, Kabupaten Bandung. Ribuan masyarakat turut mengantarnya.

Putra sulung Ridwan Kamil itu rupanya dikenal sebagai pribadi yang santun dan bersahaja. Ima Riyati, wali kelas Eril saat bersekolah di SMAN 3 Bandung menjadi saksi kesederhanaannya. Ima menempatkan Eril dalam hati dan pikirannya. Eril rupanya menjadi bagian hidup Ima.


Pelukan hangat. Itulah kata yang keluar dari Ima saat ditanya mengenai Eril. Putra sulung Ridwan Kamil itu selalu memberikan pelukan hangat saat berjumpa Ima.

"Memeluk dan mencium tangan saya. Itulah Eril. Itu selepas jadi alumni (SMAN 3 Bandung). Kalau yang lain kan cium tangan setiap ketemu saya," kata Ima saat berbincang dengan detikJabar, Sabtu (25/6/2022).

Bagi Ima, almarhum Eril adalah inspirasi dalam kebaikan. Eril istimewa, sebab sederhana dan tak banyak bicara. Selama dua tahun menjadi wali kelas Eril, yakni Kelas IX dan X IPA 2, Ima mengaku menyimpan tumpukan memori berkesan tentang Eril.

"Lebih banyak aksinya. Sangat dermawan. Sering membantu caraka di sekolah, ada yang dikasih sepeda dan lainnya," ucap Eril.

Kisah Eril yang akrab dan sering membantu caraka atau jabatan fungsional di sekolah pernah disampaikan Ridwan Kamil saat menghadiri wisuda anak keduanya, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara di SMAN 3 Bandung. Ridwan Kamil menceritakan Eril pernah memberikan sepatu dari Spanyol untuk seorang satpam SMAN 3 Bandung yang akrab disapa Masbro.

Salat Tengah Malam

Ima memang kini tak lagi mengajar. Ia pensiun sejak 2020. Kisah tentang Eril saat dirinya masih menjadi wali kelas masih terekam jelas. Ima pun menceritakan tentang kebiasaan Eril pada tengah malam.

Saat itu, SMAN 3 Bandung melaksanakan kegiatan Pramuka di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Ima saat itu berniat salat tengah malam. "Saya waktu itu ingin merasakan salat tengah malam di alam terbuka," tutur Ima.