8 Warga Cirebon Meninggal Akibat DBD

Ony Syahroni - detikJabar
Jumat, 24 Jun 2022 19:13 WIB
ilustrasi DBD
ilustrasi DBD (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Cirebon -

Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kabupaten Cirebon mencapai ribuan kasus selama enam bulan terakhir. Dari ribuan kasus itu, delapan orang di antaranya meninggal dunia.

Berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, sejak Januari - Juni 2022, jumlah kasus DBD di Kabupaten Cirebon telah mencapai 1.099 kasus. Delapan orang yang meninggal dunia, mayoritas adalah anak-anak.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Cirebon, Sartono mengatakan, ribuan kasus DBD yang saat ini terjadi di wilayahnya tersebar di beberapa kecamatan.


Adapun lima kecamatan yang terdapat kasus DBD terbanyak, yakni Kecamatan Plumbon dengan 123 kasus, Kecamatan Plered 119 kasus, Kecamatan Weru 99 kasus, Kecamatan Palimanan 56 kasus, dan Kecamatan Tengah Tani 53 kasus.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kata dia, kasus DBD yang terjadi di wilayah Kabupaten Cirebon mengalami peningkatan yang cukup drastis. Untuk tahun ini dari Januari-Juni, total mencapai 1.099 kasus. Sedangkan tahun lalu periode yang sama, hanya 360 kasus. Dari jumlah selama setahun juga masih di bawah periode Januari-Juni tahun ini. Total jumlah selama setahun kemarin mencapai 820 kasus.

"Artinya tahun ini dalam enam bulan ada peningkatan kurang lebih tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun kemarin," kata Sartono kepada detikJabar di Cirebon, Jumat (24/6/2022).



Simak Video "Kasus DBD di Tasikmalaya Meningkat Signifikan, 4 Orang Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]