8 Cara Mengobati Gusi Bengkak, Bisa Sembuh dengan Cepat

8 Cara Mengobati Gusi Bengkak, Bisa Sembuh dengan Cepat

Anindyadevi Aurellia - detikJabar
Kamis, 23 Jun 2022 08:31 WIB
ilustrasi gigi
Foto: thinkstock
Bandung -

Gusi bengkak bisa membuat makan dan minum menjadi tidak nyaman. Selain tidak baik untuk metabolisme tubuh, gusi bengkak tak bisa disepelekan sebab dikhawatirkan penyakit akan menjalar hingga gigi atau syaraf pada mulut.

Gusi yang mengalami penonjolan atau pembesaran ukuran dapat dipengaruhi dari kurangnya kebersihan mulut. Beberapa cara di bawah ini bisa dicoba agar gusi perlahan-lahan kempes.

1. Berkumur dengan Air Daun Jambu Biji


Gusi bengkak bisa lebih cepat mengecil jika menggunakan air rebusan daun jambu biji. Rebuslah daun jambu biji sampai layu, sebab daun ini mengandung anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut.

2. Berkumur dengan Air Garam

Metode ini sebetulnya sudah cukup sering dilakukan oleh orang jaman dahulu. Garam menjadi obat gusi bengkak sekaligus sakit gigi. Cukup siapkan segelas air hangat dan campurkan satu sendok teh garam. Aduk dan gunakan untuk berkumur, paling tidak tiga kali sehari agar gusi bengkak dapat sembuh dengan cepat.

3. Berkumur dengan Air Lemon

Gigi berlubang, penumpukan bakteri, bisa jadi alasan terjadinya gusi bengkak. Air perasan lemon yang memiliki kandungan asam, berfungsi untuk mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut. Campurkan perasan air lemon dengan air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur 3 kali sehari.

4. Berkumur Dengan Air Serai atau Jahe

Mengobati gusi bengkak bisa menggunakan serai. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. 5Kandungan anti bakteri yang dimiliki jahe dapat membantu membasmi bakteri dalam mulut. Caranya dengan menggunakan air perasan jahe untuk berkumur.

5. Berkumur Dengan Air Kelapa

Air kelapa mengandung antiseptik alami yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Kamu bisa menggunakan air kelapa untuk berkumur sesudah melakukan gosok gigi.

6. Kompres Dengan Es atau Air Hangat

Mengkompres gusi dengan es batu dapat digunakan ketika gusi bengkak tidak disertai nyeri atau berdenyut. Sementara gusi yang disertai nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.

7. Menempelkan Bawang Merah atau Bawang Putih

Kalau bagi orang jaman dulu, bawang punya khasiat yang tak main-main untuk kesehatan. Bisa dikonsumsi mentah, ataupun untuk menghilangkan masuk angin pada anak-anak. Bawang merah dan bawang putih mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah atau putih dengan satu sendok teh garam, kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.

8. Mengoleskan Madu atau Asam Jawa

Cara lainnya yaitu menggunakan asam jawa atau madu yang mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak. Caranya dengan menyangrai biji asam jawa, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit. Begitupun dengan madu, cukup oles madu pada bagian gusi yang sakit dan lakukan 3 kali hingga bengkak mulai kempes.

Selain itu, ada beberapa cara agar pembengkakan tak terjadi lagi pada gusi. Yakni dengan cara:

- Pastikan menyikat gigi dua kali sehari secara teratur. Umumnya, gusi yang bengkak disebabkan oleh peradangan. Sehingga mulut terjaga kebersihannya.
- Gunakan pasta gigi serta obat kumur yang tidak menyebabkan iritasi pada gusi.
- Hindari untuk merokok dan minum minuman beralkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada gusi.
- Konsumsi buah dan sayuran setiap setelah makan untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang seimbang. Jaga pola makan yang lebih sehat.

(aau/tya)