Ahmad Penghuni Gubuk Reyot Dapat Uluran Tangan Pemkab Pangandaran

Ahmad Penghuni Gubuk Reyot Dapat Uluran Tangan Pemkab Pangandaran

Aldi Nur Fadilah - detikJabar
Jumat, 17 Jun 2022 04:00 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berjanji akan memperbaiki rumah Ahmad Sanusi (55) warga Dusun Ciwaru, Desa/Kecamatan Cijulang yang sudah tidak layak huni.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berjanji akan memperbaiki rumah Ahmad Sanusi (55) warga Dusun Ciwaru, Desa/Kecamatan Cijulang yang sudah tidak layak huni. (Foto: Aldi Nur Fadilah/detikJabar)
Pangandaran -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran berjanji akan memperbaiki rumah Ahmad Sanusi (55) warga Dusun Ciwaru, Desa/Kecamatan Cijulang yang sudah tidak layak huni.

Kondisi rumah milik Ahmad sudah reyot, kayu dan papan di rumah panggung tersebut sudah lapuk dimakan rayap. Kondisi kesehatan Ahmad juga sudah menurun drastis, sehingga untuk berjalan pun dia harus menggunakan tongkat.

Sementara Ahmad sudah tidak memiliki orang tua anak dan sanak saudara. Ia tinggal sebatang kara, untuk makan pun diberi dari tetangga setempat.


Ketua Penggerak PKK Pangandaran Ida Nurlaela bersama Kepala Dinas Sosial Wawan Kustaman mendatangi rumah Ahmad. Kedatangan mereka didampingi Ketua Jabar Bergerak Wiwin Wianti, Camat Cijulang Ayi Rohanah dan Kepala Desa Cijulang.

Kondisi rumah Ahmad Sanusi.Kondisi rumah Ahmad Sanusi. Foto: Aldi Nur Fadillah/detikJabar

Kehadiran rombongan itu untuk memberikan perhatian dan bantuan sosial berupa sembako, selimut dan uang tunai. Ketua Penggerak PKK Pangandaran Ida Nurlaela mengaku turut priahatin karena masih ada warga Pangandaran yang tinggal digubuk sederhana dan tidak memiliki keluarga.

"Iya kasihan tidak punya keluarga untuk makan saja ketergantungan tetangga, kondisinya sedang sakit," kata Ida kepada detikJabar di rumah Ahmad. Kamis (16/6/2022).

Terkait bantuan rumah tidak layak huni (rutilahu) Ida sudah berkoordinasi dengan pihak desa untuk segera menindaklanjuti proses administrasi dan perizinan. Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Pangandaran Wawan Kustaman mengatakan, sudah menerima laporan terkait kondisi rumah Ahmad dari desa setempat.

"Kita sudah ajukan program Rutilahu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pangandaran. InsyaAllah awal Juli kita mulai dibangun," ucapnya.

(yum/yum)