Kisah Asep, Anak Jalanan Subang yang Mahir Bikin Lukisan Bakar

Dwiky Maulana Vellayati - detikJabar
Selasa, 14 Jun 2022 10:50 WIB
Asep Setiawan.
Asep Setiawan memperlihatkan karyanya. (Foto: Dwiky Maulana Vellayati/detikJabar)
Subang -

Masa lalu kelam coba dikikis Asep Setiawan, pria 23 tahun asal Kampung Wantilan RT 06 RW 03 Desa Wantilan, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang. Asep yang dulunya anak jalanan kini aktif membuat barang kerajinan.

Asep membuat karya seperti lukisan bakar kayu menggunakan metode alat ukir panas yang dapat menghasilkan gambar seperti wajah seseorang maupun bentuk lainnya.

Di rumah sederhana dan kecil, Asep bersama ketiga rekannya menghabiskan waktu membuat kerajinan tangan seperti souvenir pernikahan, souvenir acara tunangan, dan souvenir untuk wisuda. Mereka terlihat sibuk setiap harinya dengan tumpukan kayu bekas limbah pabrik yang disulap menjadi wadah lukisan menggunakan teknik goresan bara api tersebut.


Ide menciptakan seni kerajinan tangan menggunakan metode goresan bara api di atas limbah kayu ini muncul saat beberapa tahun silam dan baru diseriuskan belakangan ini.

Asep sendiri merupakan penyuka tato dan punya keahlian membuat tato. Bahkan, tato pada tubuhnya dibuat sendiri tanpa bantuan orang lain.

Kemampuannya itu kemudian dipraktikkan dengan membuat kerajinan. Jika biasanya ia membuat tato pada tubuh manusia, ia mengubahnya dengan membuat lukisan memakai bara api sebagai senjata utama untuk menghadirkan gambar di atas kayu.

"Ya awalnya itu memang, saya bikin tato sendiri juga di tangan saya, iseng-iseng suka bikin tato, kadang teman-teman saya juga ditatonya itu sama saya," ujar Asep kepada detikJabar belum lama ini.

Setelah itu, bakat yang dimilikinya tersebut saat ini diimplementasikan melalui karya seni lukis di kayu menggunakan bara api. Hasilnya pun menuai decak kagum orang yang melihat.



Simak Video "Momen Anggota DPRD Garut Ngamuk, Gebrak Meja-Banting Mic saat Rapat"
[Gambas:Video 20detik]