22 Napi di Lapas Kelas IIB Sukabumi Bergejala TBC

Siti Fatimah - detikJabar
Senin, 06 Jun 2022 13:45 WIB
Warga binaan Lapas Kelas IIB Sukabumi terindikasi gejala TBC
Warga binaan Lapas Kelas IIB Sukabumi terindikasi gejala TBC (Foto: Siti Fatimah/detikJabar)
Sukabumi -

22 orang warga binaan (narapidana) di Lapas Kelas IIB Sukabumi terdeteksi penyakit tuberkulosis (TBC). Mereka saat ini masih menjalani pemeriksaan tes dan kamar tahanan telah dipisahkan dari narapidana lain.

Kepala Lapas Kelas IIB Sukabumi Christo Toar mengatakan, temuan tersebut diketahui setelah adanya pemeriksaan rontgen skrinning TBC secara massal kepada 450 orang warga binaan. Dari hasil skrinning tersebut, 42 bergejala dan 22 orang dilanjutkan dengan tes TCM.

"Ada yang positif tapi masih proses TCM, ada 22 orang dan langsung menjalani wajib obat TB (Tuberkulosis)," kata Christo saat dihubungi detikJabar, Senin (6/6/2022).


Dia mengatakan, pemeriksaan TBC itu dilakukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Puskesmas Pabuaran dan RSUD Syamsuddin SH selama empat hari. Kemudian, setelah menjalani rontgen, para narapidana dilanjutkan dengan pemeriksaan TCM.

Selama proses pemeriksaan, pihaknya tak mengalami kendala apapun. Hanya saja, tes dahak TCM membutuhkan waktu yang cukup lama karena terbatas empat sampel per hari.

"Kita pisahkan kamarnya. Sebagian lagi berjalan pemeriksaan dahak TCM karena TCM per hari cuma bisa empat orang maksimal dan hasilnya tetap menunggu hasil lab," katanya.

"Kegiatan dilaksanakan dengan baik dan lancar serta tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka meminimalisir penyebaran virus COVID-19 dan pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan TNI," katanya.

(bbn/yum)