Pemkab Indramayu Akan Perbaiki Jalan dan Jembatan, Ini Rinciannya

Nada Zeitalini Arani - detikJabar
Minggu, 05 Jun 2022 11:19 WIB
Pemkab Indramayu
Foto: Pemkab Indramayu
Jakarta -

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Indramayu turut mengupayakan visi dan misi Kabupaten Indramayu melalui kewenangannya atas penanganan jalan Kabupaten. Hal itu juga mengacu pada Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

Kepala DPUPR Kabupaten Indramayu Asep Abdul Mukti menyatakan untuk tahun 2022 pihaknya sudah menyusun program kegiatan dan anggaran untuk kegiatan pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan jembatan serta jalan yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu.

Menurutnya sudah sejak akhir tahun 2021 DPUPR menginventarisir jalan dan jembatan di seluruh Kabupaten Indramayu yang memerlukan penanganan. Namun sesuai dengan kewenangannya, DPUPR hanya mempersiapkan rencana kerja dan anggaran untuk perbaikan jembatan dan jalan kabupaten saja.


"Kami sudah menginventarisir seluruh jalan dan jembatan yang membutuhkan penanganan. Hasilnya adalah banyak jalan dan jembatan yang memerlukan penanganan dan kami sudah menganggarkannya baik itu untuk pembangunan, rehabilitasi, pemeliharaan berkala, maupun pemeliharaan rutin," ujar Asep dalam keterangan tertulis, Minggu (6/5/2022).

Kegiatan itu kini tinggal menunggu realisasi setelah melalui proses dan prosedur yang benar sehingga tidak akan terjadi kesalahan maupun penyelewengan. Asep pun masyarakat bersabar menunggu proses berjalan sampai pada waktunya kegiatan ini dapat dilaksanakan.

"Seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan ini sudah mengakomodir usulan dan aspirasi warga yang disampaikan dalam Musrenbang. Saya minta masyarakat bersabar, memang semuanya membutuhkan waktu dan proses. Tidak mungkin kita laksanakan begitu saja tanpa melalui prosedur yang benar," lanjut Asep.

Selain itu, faktor cuaca juga menjadi penghambat jalannya pembangunan. Sebab jika dipaksakan proses pekerjaannya pada musim hujan, dikhawatirkan pekerjaan terhambat, dan juga kualitas hasil pekerjaan kurang baik sehingga akan mudah kembali rusak.

"Mengingat kondisi cuaca yang masih musim hujan, Dinas PUPR belum melaksanakan kegiatan. Namun atas arahan Ibu Bupati kita akan mulai melaksanakan pekerjaan di pertengahan bulan Juni. Semoga pembangunan jalan dan jembatan ini dapat mengakselerasi terwujudnya Indramayu Bermartabat," jelasnya.

Adapun kegiatan pembangunan jembatan akan dilaksanakan di 15 titik, sedangkan untuk kegiatan rehabilitasi jembatan akan dilaksanakan pada 11 jembatan, dan kegiatan pemeliharaan jembatan akan dilakukan pada 3 jembatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu.

Lalu untuk kegiatan pembangunan, peningkatan, rehabilitasi, dan pemeliharaan jalan di Kabupaten Indramayu nantinya akan ada 5 ruas jalan dengan total panjang 2.695 meter yang direhabilitasi. Kemudian ada 18 ruas jalan dengan total panjang 4.444 meter yang dilakukan kegiatan peningkatan.

Ada 9 ruas jalan dengan total panjang 8.888 meter yang mendapat pemeliharaan berkala dan kegiatan pemeliharaan rutin pada 50 ruas jalan dengan panjang keseluruhan mencapai 108.725 meter. Sementara Kegiatan Pembangunan Jalan hanya akan dilaksanakan pada 1 ruas sepanjang 700 meter yaitu pembangunan jalan Islamic Center.

Selain itu, DPUPR Kabupaten Indramayu juga menganggarkan kegiatan rehabilitasi jalan desa berupa betonisasi yang merupakan salah satu program unggulan Bupati Nina Agustina Da'i Bachtiar yang tersebar 301 titik di 31 Kecamatan.



Simak Video "Perbaikan Jalan Tol Cipularang Dikebut Jelang Musim Mudik"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)