Saung Angklung Udjo Mulai Bergeliat Usai Pelonggaran Prokes

Sudirman Wamad - detikJabar
Kamis, 26 Mei 2022 21:00 WIB
Obyek Wisata Saung Angklung Udjo sudah diperbolehkan dibuka kembali oleh Kemenparekraf RI. Saat ini pihak pengelola masih mempersiapkan fasilitas prokes.
Suasana di Saung Angklung Udjo sebelum pelonggaran prokes. (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Pemerintah telah menerbitkan kebijakan pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka. Selain itu, Kota Bandung juga menerapkan PPKM Level 2. Kegiatan kesenian dan konser pun diizinkan.

Saung Angklung Udjo menyambut baik kelonggaran protokol kesehatan (prokes). Sejak adanya kelonggaran aturan prokes, tingkat kunjungan wisata di Saung Angklung Udjo mulai menggeliat kembali.

"Sudah mulai menggeliat. Tapi, baru dari sekolah-sekolah yang kunjungan," kata Sam Udjo, anak pendiri Saung Angklung Udjo saat berbincang dengan detikJabar melalui sambungan telepon, Kamis (26/5/2022).


Sam Udjo mengaku Saung Angklung Udjo sempat kelimpungan bertahan saat awal pandemi COVID-19. Sejumlah seniman yang tergabung di Saung Angklung Udjo sempat alih profesi. Sam Udjo tak menyebut secara rinci jumlah seniman yang keluar dari Saung Angklung Udjo.

"Kita juga harus melakukan kaderisasi dan membuat materi baru. Penyegaran untuk penampilan. Ini kan membutuhkan modal juga," ucap Sam Udjo.

Ia berharap tingkat kunjungan wisatawan dan pertunjukkan terus menggeliat. Sehingga, kesenian tetap lestari.

Sementara itu, pimpinan Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat Udjo mengaku selama ini pihaknya terus merawat peralatan kesenian dan lainnya. "Soal materi pertunjukkan memang harus terus kreasi. Kita harus lebih banyak mengeluarkan materi baru, menyambut kelonggaran (prokes)," kata Taufik.

Taufik mengatakan kunjungan wisatawan saat ini bisa tembus 200 orang per harinya. Mayoritas dari mereka adalah dari kalangan pelajar.

"Saya pastikan di Saung Angklung Udjo aman. Karena kita semi outdoor. Halaman juga luas," ucapTaufik.



Simak Video "Cikancung Bandung Banjir, Bikin Banyak Motor Mogok"
[Gambas:Video 20detik]
(sud/ors)