Cuma Sebulan, H Sondani PDKT dan Bisa Ajak Nikah Gadis 19 Tahun

Ony Syahroni - detikJabar
Sabtu, 21 Mei 2022 10:04 WIB
Pria 63 tahun nikahin gadis 19 tahun di Cirebon
Foto: Foto: Istimewa
Cirebon -

H Sondani, seorang pria 63 tahun asal Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mendadak viral setelah video pernikahannya bersama gadis berusia 19 tahun, Fia Barlanti beredar di media sosial.

Sondani mengaku menikahi Fia Barlanti atas dasar cinta dan sayang. Pernikahan keduanya pun berlangsung di Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Sondani sendiri diketahui adalah seorang yang kaya raya. Dia dikenal sebagai juragan tanah di daerahnya.


Saat ditemui di Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun, Sondani pun menceritakan awal mula pertemuannya dengan Fia Barlanti. Sondani mengaku mulai jatuh hati dengan Fia ketika mereka bertemu dalam sebuah kegiatan ziarah di daerah Jepara, Jawa Tengah.

"Jadi pendekatan pertama itu menjelang bulan puasa. Waktu itu belum langsung nembak. Nembaknya habis lebaran. Pokoknya pertama kenal itu hari Sabtu, dan waktu nembaknya juga hari Sabtu," kata Sondani.

Gayung bersambut, setelah melakukan pendekatan selama kurang lebih satu bulan, Fia Barlanti pun akhirnya menerima ajakan dari Sondani untuk menikah. Keduanya resmi menikah pada 18 Mei 2022 di Desa Tegalgubug, Kecamatan Arjawinangun.

Sondani dan FiaH Sondani (foto: Ony Syahroni/detikJabar)

Sebelum menikahi Fia Barlanti, Sondani berstatus sebagai duda setelah istri pertamanya meninggal karena sakit. Dari istri pertamanya, Sondani dikaruniai lima orang anak.

"Barangkali sudah jodohnya, sudah waktunya. Karena saya menduda sudah 10 bulan. Istri saya meninggal karena sakit," ucap dia.

Tidak tanggung-tanggung, demi menikahi gadis pujaan hatinya, Sondani bahkan rela menyediakan uang hingga Rp 700 juta. Uang itu digunakan mulai dari untuk acara pernikahan, membeli emas kawin, perabotan dan barang-barang lainnya.

"Jumlah semua itu Rp 700 juta. Termasuk untuk acara akad kemarin. Yang baru dikasihkan sekarang baru sekitar Rp 350 juta," kata dia.

Dengan uang tersebut, Sondani juga berencana akan memberangkatkan beberapa orang ke tanah suci untuk ibadah Umrah. Baik dari pihak keluarganya maupun dari keluarga Fia Barlanti yang saat ini menjadi istrinya.

"Saya punya ucapan, kalau saya punya istri perawan, kedua orang tuanya akan saya berangkatkan umrah. Tapi ibunya sudah meninggal, dan ayahnya sedang sakit. Tapi setelah lebaran haji, insyaallah 16 orang berangkat umrah. Baik dari keluarga saya maupun keluarga istri," kata dia.

(bbn/yum)