Pemkot Bandung Uji Coba Flyover Kopo, Polisi: Memecah Kemacetan

Dony Indra Ramadhan - detikJabar
Jumat, 20 Mei 2022 14:28 WIB
Perkembangan pembangunan fly over Kopo Bandung.
Flyover Kopo (Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Bandung -

Pemerintah Kota Bandung mulai melakukan uji coba flyover Kopo. Usai dilakukan uji coba, kepadatan arus lalu lintas di kawasan Kopo diklaim berkurang.

Uji coba flyover tersebut sudah dimulai sejak Kamis (19/5) kemarin. Berdasarkan evaluasi sementara di hari pertama, polisi menyebut kemacetan yang biasanya terjadi mulai terurai.

"Kendala tidak ada dalam arti cukup memecah kemacetan," ucap Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Ariek Indra Sentanu melalui Kasubnit Kamsel Polrestabes Bandung Ipda Isman Rusmadijanto kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (20/5/2022).


Isman mengatakan uji coba tersebut akan dilakukan selama sepekan dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Ada pun uji coba hanya berlaku satu arah yakni dari arah barat atau arah Pasirkoja menuju ke arah timur atau arah Cibiru.

Menurut Isman, uji coba dilakukan untuk melihat efektivitas jalur baru itu dalam mengurai kemacetan.

"Prinsipnya bagus dan lancar di atas mau pun di bawah," katanya.

Meski pada pelaksanaan uji coba hari pertama kemarin kemacetan dapat terurai, pihaknya belum memprediksi apabila terjadi puncak kepadatan di kawasan itu.

"Sementara waktu di uji coba termasuk cukup landai lancar tapi belum bisa memprediksi saat tingkat puncak kendaraan yang ada," tuturnya.

(dir/yum)