Catat! Daftar Terbaru PPKM Level 1-4 di Jawa Barat

Catat! Daftar Terbaru PPKM Level 1-4 di Jawa Barat

Sudirman Wamad - detikJabar
Selasa, 10 Mei 2022 12:42 WIB
Pamekasan Satu-satunya PPKM Level 3 di Jawa Bali, Ini Aturan yang Berlaku
Daftar PPKM di Jawa Barat (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Pemerintah telah menerbitkan Inmendagri Nomor 24/2022 tentang perpanjangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

Dalam Inmendagri teranyar itu, pemerintah memperpanjang PPKM Jawa-Bali selama dua pekan, dari 10 Mei hingga 23 Mei 2022. Penerapan level PPKM di daerah pun mengalami perubahan, disesuaikan dengan perkembangan kasus COVID-19 di masing-masing daerah.

Berdasarkan Inmendagri Nomor 24/2022 itu, hanya satu daerah di Jabar yang berkategori level 1 yakni Kabupaten Ciamis. Selebihnya, atau 26 daerah lainnya berkategori PPKM level 2.


Perkembangan kasus COVID-19 yang melandai dalam beberapa pekan terakhir membuat daerah di Jabar tak masuk kategori PPKM level 3 dan 4.

Sebelumnya, kasus COVID-19 di Jabar melandai selama libur Lebaran. Dari data yang diunggah pikobar.jabarprov.go.id menyebutkan, data terbaru pada 7 Mei pukul 17.00 WIB, angka penyebaran kasus COVID-19 di Jabar selama sepakan terbilang melandai. Tertinggi terjadi pada 1 Mei, yakni 44 kasus.

Sementara itu, setelah tanggal 1 Mei kasus di Jabar tak sampai tembus di angka 40 (kasus) per harinya. Tercatat, pada tanggal 3 Mei penambahan kasus mencapai 18 (kasus). Penambahan kasus pada tanggal 3 Mei ini terendah selama sepekan terakhir, dari tanggal 1 hingga 7 Mei.

Kemudian, pada tanggal 4 Mei penambahan kasus mencapai 26 (kasus). Selanjutnya, terjadi kenaikkan kasus pada tanggal 5 Mei, yakni 34 kasus. Pada tanggal 6 Mei mencapai 31 kasus. Dan kemarin, 7 Mei hanya 26 kasus.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil tetap mewaspadai lonjakan kasus COVID-19 setelah libur Lebaran. Ridwan Kamil mengaku akan memantau perkembangan penyebaran kasus COVID-19 selama dua pekan mendatang. Ia berharap tak terjadi lonjakan kasus COVID-19.

"Jika tidak ada (lonjakan), maka secara teori dan de facto (menurut kenyataan sesungguhnya) masuk fase endemi," kata Ridwan Kamil usai meninjau pelayanan di RS Hasan Sadikin Bandung, Senin (9/5/2022).



Simak Video "Ada Kampung TKW di Majalengka, 60 Persen Warganya Kerja di Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(sud/yum)